Lihat ke Halaman Asli

Anak Banyak Tanya? "Don't Worry, Mommies"!

Diperbarui: 19 Februari 2018   09:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi: todaysparent.com

Siapa yang tidak ingin punya anak yang disebut kreatif, cerdas, aktif dan segala macam hal-hal yang baik. Tidak usah ditanya lagi, sudah pasti seluruh orang tua menginginkan hal itu. Berbicara tentang kreatif, kata kreatif ini suda familiar sekali bukan ditelinga kita?  Sebenarnya apasih kreatif itu? Lalu ciri anak yang kreatif itu apa saja yaa? Baiklah, disini saya akan menjelaskan sedikit.

Arti kata kreatif adalah suatu proses pemikiran yang membantu mencetuskan berbagai alasan baru yang merupakan salah satu sifat manusia yang dibentuk dari proses pengalaman sehingga menyebabkan orang tersebut bisa terus memperbaiki dan mengembangkan dirinya. (Anderos : 1961)

Nah, anak yang kreatif salah satu cirinya adalah banyak bertanya ini dan itu. Anak akan gemar sekali bertanya, mereka ingin tahu banyak hal. Terutama pada anak usia dini. Heheehe ini pasti pada nyengir kan ayah bunda yang memiliki anak usia dini.

"Ayah.. Bunda.. kenapa langit warna nya biru?"

"Ayah.. Bunda.. kenapa malam gelap?"

"Ayah.. Bunda.. Adikku lahir darimana?"

"Ayah.. Bunda.. Tuhan itu dimana rumahnya? Laki-laki atau perempuan?"

Hal-hal yang seperti itupun mereka tanyakan. Mohon maaf yaa, Ayah.. Bunda.. terkadang kita sebagai orang tua keceplosan mengatakan "Husshh, nggak usah banyak tanya" "Nanti juga tau sendiri".  Pernahkah kita berpikir, bahwa apa yang kita lakukan itu salah?

Ayah.. Bunda.. dibawah ini ada beberapa tips sederhana sekali, bagaimana cara menghadapi anak yang selalu banyak bertanya ini dan itu.

1. Jangan halangi anak bertanya 

Jangan stop anak kita untuk bertanya. Biarkan Ia mengeksplorasi dunia dengan sikap dia yang mulai kritis akan pertanyaan-pertanyaan. Kita         sebagai orang tua harus ekstra sabar menghadapi pertanyaan demi pertanyaan si 'bos' kecil tanpa mematikan rasa keingintahuannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline