Lihat ke Halaman Asli

Aprilia Salsabila

Mahasiswi Manajemen Pendidikan Islam IAIN, Jember.

Islam Pluralisme dan Islam Budaya

Diperbarui: 20 Desember 2019   23:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

  • Islam Pluralisme

Pluralisme itu terdiri dari dua kata yaitu plural dan isme yang berarti paham atas keberagamaan atau bisa didefinisikan sebagai suatu paham yang mengajarkan bahwa agama itu sama.pengertian pluralisme sendiri yaitu bentuk pemahaman yang di dalmnya terdapat interaksi kelompok yang saling bertoleransi atau saling menghargai. Jika kita menciptakan dunia penuh damai dengan keberagaman global keagamaan, maka pluralisme adalah "rukun hidup sosial" yang tidak bisa dibantah atau ditolak.

  • Hubungan Islam dan Pluralisme

Setiap orang yang ada di dunia pasti memiliki faham yang berbeda-beda. perbedaan inilah yang menjadi awal dari perpecahan islam di seluruh dunia. Bahkan agama Islam sampai terbgai menjadi banyak golongan, seperti NU, Muhammadiyah, Islam Ahmadiyah, HTI, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu kita memerlukan pluralisme ini agar keberbedaan agama Islam tidak bisa terpecah meskipun banyak perbedaan pada golongan yang ada. Pluralime memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positif dari pluralisme yaitu dapat memberikan sumbangan kepada budaya sedangkan dampak negatifnya adalah meningkatkan harta dan martabat sebagai kontrol sosial.

  • Islam Budaya

Budaya merupakan hasil cipta dari rasa dan karsa sutu masyarakat yang dianggap baik oleh mereka. Jadi islam budaya adalah Islam yang dipercayai dalam suatu masyarakat untuk dijadikan pedoman hidup dalam kehidupan kesehariannya.

  • Hubungan Islam dan Budaya

Agama tidak bisa dipisahkan dengan budaya karena selalu dilakukan dalam kehidupan sehari-hari sehingga keduanya selalu diterapkan. Agama dapat diterima dengan mudah oleh masyarakat jika tidak bertentangan dengan budaya, namun apabila terdapat pertentangan, masyarakat pun akan sulit dan bhakan tidak mau menerimanya. Oleh karena itu Islam datang dengan agama yang universal. Dengan begitu Islam dapat menetralisasikan berbagai budaya yang ada. islam juga mampu membawa kita ke jalan yang lebih baikdan mampu menyaring kebudayaan seperti halnya menyaring budaya yang datang dari barat agar kita tidak terpengaruh dengan dampak buruk dari budaya barat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline