Lihat ke Halaman Asli

Aprilia Salsabila

Mahasiswi Manajemen Pendidikan Islam IAIN, Jember.

Pendekatan Teologis dan Filosofis

Diperbarui: 19 Desember 2019   16:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

  • Pendeketan Teologis

Teologis merupakan bagian dari ilmu filsafat.  Secara bahasa, Teologis berasal dari bahasa Yunani yang  terdiri dari kata teos (tuhan) dan logos (ilmu pengetahuan) jadi bisa dikatakan Teologis itu ilmu yang mengkaji atau  mempelajari tentang ketuhanan. Teologi memiliki ciri-ciri yang diantaranya yaitu:

1. Loyalitas terhadap diri sediri

Loyalitas terhadap diri sendiri dalam konteks ini yaitu ketika kita meyakini sebuah kebenaran sementara orang lain menganggap kebenaran tersebut salah.

2. Dedikasi

Dedikasi ini bisa diterapkan dengan sikap taat terhadap aturan agamanya. Juga bisa dilakukan dengan sikap rela berkorban dan mengembangkan keyakinannya. Pendeketan seperti ini biasanya digunakan peneliti dalam melakukan sebuah penelitiannya. Biasanya penelitian tersebut dilakukan oleh ulama dan pendeta.  

3. Komitmen

Pendeketan ini akan menghasilkan manusia yang berkomitmen ini terhadap keyakinannya.

  • Pendekatan Filosofis

Secara etimologi Filosofis juga berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata Philo (cinta) dan Shofis (kebijaksanaan).  Jadi Filosofis itu diartikan sebagai kebaikan cinta dan cinta dalam kebijaksanaan. Pendeketan ini bertujuan untuk memperjelas suatu objek dan usaha sadar yang dilaksanakan untuk menerangkan sesuatu yang telah dilakukan dibalik sesuatu yang nampak, misalnya saja seperti pergantian siang dan malam. Terdapat 4 pembagian dalam pendeketan Filosofis, yaitu: Logika, Metafisika, Epitimologi, dan Etika




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline