Lihat ke Halaman Asli

Aprilia Regita Tri Cahyani

Mahasiswa/UPN Veteran Jawa Timur

November (4/4) Magang di Proyek Rumah Sakit Kasih Ibu Surakarta

Diperbarui: 17 November 2023   10:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: dokumen pribadi

November (4/4) : Magang di Proyek Pembangunan Rumah Sakit Kasih Ibu Surakarta

Memasuki bulan november, proyek Rumah Sakit Kasih Ibu mencapai 2 lantai terakhir dari total 14 lantai dari gedung utara. Pekerjaan struktur dikerjakan sesuai dengan target rencana. 

Pemasangan Collar dan Section Tower Crane

Seiring berjalannya pembangunan struktur gedung rumah sakit yang semakin tinggi, dilakukan pemasangan collar pada tower crane untuk menjaga kestabilan tower crane. Selain itu, setelah pemasangan collar, section pada tower crane juga ditambah untuk mengimbangi struktur yang semakin tinggi.

Galian Ramp Untuk Akses Keluar Masuk Menuju Lantai Parkir

Untuk persiapan ramp kendaraan yang masuk menuju lantai parkir, dilakukan galian tanah menggunakan excavator. Sebagian sisi barat gedung eksisting yang dibongkar dengan excavator, puing bangunan dikumpulkan dan diangkut menggunakan dump truck dengan bantuan excavator.

Pekerjaan Finishing

Pekerjaan finishing mulai dikerjakan ketika pekerjaan struktur selesai pada lantai tersebut. Pekerjaan finishing meliputi pekerjaan pemasangan dinding baik itu bata merah atau hebel, plester dan acian dinding, pemasangan keramik, pemasangan plafond, maupun pengecatan.

Selama magang empat bulan, terdapat banyak sekali pekerjaan yang dilakukan mulai dari pekerjaan struktur (kolom, balok, pelat, shear wall, core wall, tangga, ramp kendaraan dan parapet), pekerjaan arsitektur (finishing), maupun pekerjaan Mechanical Electrical Plumbing (pipa, instalasi listrik, AC)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline