Lihat ke Halaman Asli

Pantai Pidana dan Pesona Pohon Purbanya

Diperbarui: 11 Oktober 2016   08:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok.pribadi

Di dusun Menagabaris desa Gunung Malang kecamatan Pringga Baya kabupaten Lombok Timur terdapat dua destinasi wisata yang berdampingan dan mengapit jalan utama menuju kecamatan Sambalia yang juga tentunya menjadi obyek wisata kebanggaan masyarakat, khusunya masyarakat kabupaten  Lombok Timur provinsi NTB. Kedua destinasi tersebut bernama pantai Pidana dan hutan Lian. Sebelum memasuki 2 objek wisata ini, tepatnya beberapa kilometer menuju arah objek wisata, kita disuguhkan akan indahnya perumahan di bawah bukit pegunungan rinjani yang hampir membuat mata takjub akan pemandangan alam yang tak ternilai harganya.

Kurang lebih 10 menit setelah itu, tibalah disebelah kiri jalan ke obyek wisata pohon lian yang hampi langka lalu kemudian di dampingi dengan wisata pantai pidananya yang sejuk dan tenang dan tertata rapi serta bersih. Objek wisata ini seakan tak pernah sepi dengan kehadiran pengunjung baik dari dalam maupun pengunjung dari luar karena Pesona yang ditawarkan kedua destinasi wisata ni begitu sederhana namun memikat.

Sebelum memasuki objek wisata pantai pidana. Terdapat kurang lebih 2 Ha tanah dipinggir jalan ditumbuhi beberapa pohon raksasa, tinggi besar dan langka yang menjulang tinggi kelangit biru mengalahkan pohon tertingi biasanya yang disebut dengan pohon lian. pesona pohon lian yang sangat langka dan berumur ribuan tahun ini sulit ditemukan di daerah wisata lain. Pohon purba yang juga menjadi sebutan pohon lian ini, hampir punah karena tak ada lagi jenis pohon ini ditemukan dalam jumlah berkelompok selain di objek wisata yang ada mendampingi pantai Pidana. Konon katanya pohon ini merupakan peninggalan alam yang harus dijaga dan dilestarikan agar menjadi bukti sejarah bahwa hadirnya pohon masa lampau itu bukan hanya kisah semata.

Tak dipungkiri, imbas dari tetap lestarinya pohon ini, banyak mendatangkan wisatawan baik dari luar maupun dari dalam negeri. Selain itu juga, daya tarik yang besar mengarah kepada perhatian tinggi wisatawan luar tebukti dari banyak kunjungan peneliti dari luar seperti Photografer yang menyukai potret wisata alam langka, serta kunjungan wisatawan dari dalam negeri yang  ingin berkarya membuat film dan terkadang juga sebagai tempat pertemuan penting karena disana tersedia rumah singgah yang tertata rapi serta nyaman dilengkapi akan kebutuhan konsumsi pengunjung wisata.

Sumber: http://km-gerbangpatuhkarya.blogspot.co.id

Setelah melewati Pohon Purba, tepatnya sebrang kanan jalan terletak pantai Pidana dengan garis pantai yang terhubung dari dermaga labuhan Lombok. Lokasi pantai ini ramai akan keberadaan dan aktivitas masyarakat serta tampaknya kapal-kapal yang siap berlayar menyebabkan hampir setiap hari pantai ini jarang dilanda kesepian.  Keadaan geografis pantai ini menunjukan gelombang air lautnya yang tidak begitu tinggi. Sepanjang kurang lebih 10meter dari bibir pantai airnya tenang dan dangkal sehingga sangat cocok dan aman sekali bagi pengunjung yang membawa anak-anak ataupun siapa saja yang ingin menikmati kesegaran air laut yang tenang.

Bentangan laut biru dengan Pasir hitam yang mengkilat serta  batu karang, juga berbagai jenis ikan di pinggir pantai yang jelas terlihat mata telanjang membuat keindahan pantai ini tiada batasnya.  pohon yang rindang menambah kesejukan akan hembusan angin pantai membuat pantai ini bisa menjadi tempat menyegarkan dan mengatasi kepenatan. Fasilitas berupa tempat singgah beratapkan ilalang telah tersedia di deretan pinggir pantainya, tempat ibadah atau menunaikan sholat, kamar mandi lengkap dengan WC, serta parkir yang amanpun telah disediakan oleh pemerintah setempat untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan pengunjung wisata.

Sungguh dua destinasi wisata yang memiliki pesona indah dan saling melengkapi sehingga membuat pengunjung merasa puas akan pesona Pantai Pidana Dan Pohon Purbanya ini. Selain itu pemandangan objek wisata lain juga dapat di jangkau dengan mata telanjang dari bibir pantai Pidana ini sehingga menambah point penting agar penikmat wisata yang belum menginjakan kaki beralih arah dengan dapat berkunjung ke wisata yang berdampingan ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline