Lihat ke Halaman Asli

Apriliani PutriShalsabilla

Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pemanfaatan Sosial Media oleh PR dalam Membina Hubungan antara Perusahaan dengan Stakeholder

Diperbarui: 14 Mei 2023   18:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Di era globalisasi ini, sosial media menjadi alat yang memiliki peran sangat penting dalam berbagai hal. Sosial media saat ini sudah digunakan oleh semua orang dari berbagai kalangan dan berbagai usia, begitupun public relations dalam sebuah perusahaan. Public Relations dalam perusahaan menggunakan social media sebagai alat untuk membantu dalam berbagai hal, salah satunya adalah membantu membina hubungan antara perusahaan dengan stakeholder.

  • Sosial media dapat membantu dalam komunikasi dua arah, melalui social media yang tertera menjadi wadah dan mengambil kesempatan bagi perusahaan dan stakeholder dalam bertukar infomasi, menyampaikan pesan, mendengarkan kritik dan masukan bagi perusahaan. Perusahaan juga dapat membuat dikusi terbuka, menjawab pertanyaan dan menanggapi masukan yang diberikan stakeholder secara real time. Hal-hal seperti ini dapat memperkuat hubungan anatar perushaan dan stakeholder
  • Sosial Media membantu membangun kepercayaan dan jaringan kolaborasi. Aktif menggunakan social media dengan menyebarkan konten yang informative dan menarik, transparan dan relevan. Perusahaan dapat membauat para stakeholder menjadi percaya akan infomasi yang diberikan serta dapat membangun citra yang positif bagi stakeholder. Selain itu perusahaan juga dapat membangun jaringan kolaborasi dengan pimpinan lain, influencer atau tokon industri yang digunakan untuk mengkampanyekan tujuan bersama. Selain itu perusahaan juga bisa menjalin hubungan dengan mitra, pelanggan dan karyawan melalui komunikasi informal dalam sosial media.
  • Sosial media dapat membantu menyelesaikan krisis dan meningkatkan kesadaran merek. Sosial media menjadi salah satu alat yang paling efektif bagi perusahaan dalam menyelesaikan krisis. Krisis yang terjadi di social media dapat dengan cepat direspon dan dikelola dengan baik oleh perusahaan, membuat klarifkasi terkait krisis yang menyebar dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang timbul oleh stakeholder. Sosial media dala meningkatkan kesadaran merek adalah dengan menggunakan fitur-fitur yng ada dari beragai social media yang ada, seperti iklan berbayar, endorsement dan lain sebagai, dengan hal ini perushaan dapat menarik stakeholder dengan produk atau layanan baru yang tentunya membawa pengaruh yang cukup besar.

Beberapa kegunaan sosial media dalam membantu membina hubungan perusahaan dengan stakeolder yang bisa dilakukan oleh public relations dalam perusahhan. Namun perlu juga diperhatikan etika berkomunikasi kita dalam komunikasi yang dilakukan melalui media online seperti ini. Memeriksa beberapa tangapan secara berkala tanggapan yang diberikan oleh stakeholder, serta mengevalusi kegiatan bersosial media secara teratur.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline