Lihat ke Halaman Asli

Apriliana Limbong

Aktivis Sosial dan Kemasyarakatan

Ketika Risma Lebih Patuh Kepada Presiden

Diperbarui: 24 Juni 2015   01:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Walikota Surabaya Tri Rismaharini sedang naik daun. Prestasinya memang luar biasa dan mencengangkan. Dalam tempo 3 tahun, Risma berhasil mencetak sederet prestasi besar, dan mengubah wajah Surabaya menjadi lebih baik. Kontan saja popularitasnya melonjak tajam. Para partikelir politik ramai-ramai mengerek nama Risma lebih tinggi, yaitu penantang kuat dalam pencalonan presiden 2014. Sayang, Risma bukan tipe orang oportunistis. Dia seorang ibu kalem namun tegas. Dia lebih mementingkan pekerjaannya ketimbang urusan polling politik calon presiden.

Namun di balik kehebatannya itu, Risma tetaplah manusia biasa. Seorang ibu dari anak-anaknya, dan istri dari suaminya. Risma bukan tipikal politisi haus kekuasaan, karena memang latar belakangnya bukan kader partai. Dia ahli pertamanan. Ketika tekanan politik datang bertubi-tubi, goyah juga kekuatannya. Kita sudah tahu kan, bahwa bu Risma yang dikagumi banyak orang itu, berniat mengundurkan diri dari posisi walikota? Kenapa? Karena ada pihak tertentu yang memberikan tekanan kuat.

Kita belum tahu siapa yang menekannya. Walaupun, yang diadukan Risma ke sejumlah pihak adalah proses pemilihan Wakil Walikota Surabaya yang tidak sesuai prosedur. Sang wakil adalah kader PDI P.  Mungkinkah partai tersebut yang memberikan tekanan? Hanya Risma dan sang penekan yang tahu. Nanti mungkin Risma akan membeberkannya.

Yang menarik adalah Risma mendapatkan telepon langsung dari presiden SBY. Dalam hirarki pemerintahan, presiden bukan atasan langsung walikota. Atasan langsung walikota adalah gubernur. Apalagi dalam alam demokrasi seperti sekarang, ketika latar belakang politik presiden, gubernur dan walikota/bupati, berbeda-beda. Menarik karena presiden meminta Risma tidak mundur. Presiden ingin melihat Risma tetap memimpin Surabaya, karena selama ini Risma dianggap presiden sudah berbuat sangat baik untuk Surabaya.

Nah, Risma adalah seorang profesional, yang dulunya adalah pegawai negeri, ahli pertamanan... dia bukan kader parpol yang maju ke kursi walikota dengan bantuan sejumlah parpol, terutama PDIP. Apakah sekarang Risma masih mau dipertahankan oleh PDI P atau sebaliknya? Sampai saat ini, belum ada suara dari partai tersebut yang meminta Risma tetap bertahan seperti keinginan publik. Yang ada malah dari wakil ketua DPR yang asal Golkar dan presiden yang bukan dari PDI P.

Risma memilih patuh kepada siapa?




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline