Lihat ke Halaman Asli

Apriliana Widiastuti

Mahasiswa Keperawatan Undip

Dukung Pencegahan Covid-19, Mahasiswa KKN Undip Ajak Warga untuk Cuci Tangan dengan Benar Pakai Sabun

Diperbarui: 10 Agustus 2021   15:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri 

Semarang (8/7). Mahasiswi Keperawatan Universitas Diponegoro (UNDIP) bernama Apriliana Widiastuti yang tergabung dalam KKN TIM 2 2020/2021 memberikan edukasi virtual “Pentingnya Cuci Tangan dengan Benar Guna Pencegahan Covid-19” kepada warga RW 3, Kelurahan Srondol Wetan. Edukasi diberikan dalam bentuk poster yang disampaikan melalui grup WA pada Kamis, 8 Juli 2021 pukul 10.00 WIB.

Pandemi virus corona (Covid 19) saat ini telah melanda berbagai negara di belahan dunia. Hingga saat ini belum ada vaksin ataupun obat yang terbukti efektif dalam mengobati penyakit tersebut. Badan Kesehatan Dunia atau WHO serta Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serika atau CDC pun mengeluarkan imbauan mengenai hal yang harus dilakukan dalam mencegah corona jenis baru ini. Upaya yang bisa dilakukan adalah melakukan berbagai upaya pencegahan, salah satunya adalah mencuci tangan menggunakan sabun atau yang sering kita dengar dengan istilah CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun).

Kebersihan tangan di era pandemi covid-19 sangatlah perlu diperhatikan. Tangan merupakan bagian tubuh yang paling sering kontak dengan dunia luar dan digunakan sehari-hari untuk melakukan aktivitas. Hal ini sangat memudahkan terjadinya kontak dengan mikroorganisme dan mentransfernya ke objek lain.  Masyarakat yang menerapkan PHBS dengan taat dapat memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah risiko terjadinya penyakit, dan melindungi diri dari ancaman penyakit. Akan tetapi dalam datanya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kepatuhan masyarakat terhadap pedoman mencuci tangan hanya 75,38% dari total 90.967 responden. Angka ini menunjukkan bahwa belum seluruh masyarakat menerapkan praktik mencuci tangan memakai sabun terutama di tengah pandemi Covid-19.

Hal ini mendorong mahasiswa KKN Undip, Apriliana Widiastuti  untuk memberikan solusi dnegan melakukan pendidikan kesehatan mengenai pentingnya cuci tangan dan cara cuci tangan dengan benar kepada warga RW 03 Kelurahan Srondol Wetan, Kota Semarang. Hal ini bertujuan agar warga lebih sadar akan bahaya tangan yang tidak dicuci dengan benar dan masyarakat dapat berupaya mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari dikarenakan belum adanya edukasi di wilayah setempat mengenai hal krusial ini. 

Dalam poster program ini menjabarkan tentang alasan untuk cuci tangan dengan benar, waktu yang tepat untuk cuci tangan, dan langkah-langkah cuci tangan dengan benar. Selain itu, mahasiswa juga berinisiatif untuk mengadakan penambahan temapt cuci tangan di beberapa titik wilayah RW 3 agar masyarakat lebih mudah mengakses tempat cuci tangan di tempat umum. Edukasi dilakukan dalam bentuk poster yang mana dapat lebih mudah dipahami secara sederhana dan menarik dengan visualisasi gambar.

Banyak warga yang antusias dengan program yang dilaksanakan mahasiswa KKN UNDIP ini. Tidak sedikit yang memberi respons positifdengan adanya program KKN ini dan menjadikan warga menjadi lebih "aware" dengan perilaku cuci tangan dengan benar yang perlu diaplikasikan di lingkup terkecil untuk mencegah penyebaran virus di lingkungan sekitar dan mengikuti anjuran dari pihak berwajib menjadi lebih meningkat.

Nama : Apriliana Widiastuti - S1 Keperawatan -- FK -- 22020118130077

Dosen : Dr. Harjum Muharam S.E., M.E.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline