Lihat ke Halaman Asli

Kelompok 89 KKN UNS: Ajak Anak-Anak SDN 1 Keden untuk Menabung Melalui Program Edukasi Menabung

Diperbarui: 21 Agustus 2023   01:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(sumber: dokumentasi pribadi)

Sejumlah mahasiswa KKN UNS yang tergabung dalam kelompok 89 mengadakan program kerja berupa kegiatan Sosialisasi Edukasi Menabung. Kegiatan sosialisasi tersebut diadakan di salah satu sekolah dasar yang ada di Desa Keden, yakni SD Negeri 1 Keden. Program kerja yang diadakan oleh kelompok 89 KKN UNS ini ternyata disambut baik oleh kepala sekolah serta guru-guru yang ada di SD tersebut. 

Kegiatan sosialisasi ini berlangsung pada hari Sabtu, 5 Agustus 2023 dengan sasaran murid kelas 4. Tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk memberikan edukasi kepada adik-adik kelas 4 SD Negeri 1 Keden untuk dapat mengelola uang jajannya dengan bijak serta menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menabung bagi masa depan mereka. Ibu Mareta, selaku wali  kelas 4, menyampaikan kepada kami bahwa, “Melalui kegiatan seperti ini anak-anak akan mendapatkan ilmu baru dari kakak-kakak KKN UNS.”.

Menabung dapat didefinisikan sebagai salah satu kegiatan yang mempunyai beragam manfaat khususnya bagi anak-anak dimana mereka akan menyisihkan sebagian uang jajan untuk disimpan guna untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan . Maka dari itu, kegiatan menabung ini memiliki peranan yang cukup penting dan perlu untuk dikenalkan kepada anak-anak sejak usia dini. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, melalui kegiatan menabung ini harapannya  anak akan menjadi lebih memahami arti uang dan tahu bagaimana cara mengelola uang dengan bijak sejak dini. 

Pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Edukasi Menabung diawali dengan perkenalan oleh mahasiswa KKN UNS Kelompok 89 sekaligus menjelaskan kepada peserta didik mengenai maksud dan tujuan kami datang ke SD mereka. Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan materi singkat mengenai mata uang Negara Indonesia, jenis dan bentuk mata uang rupiah, serta nilai mata uang rupiah yang disampaikan oleh saudari Untsa Aulia Arsy (Mahasiswa Prodi Ekonomi Pembangunan), dalam penyampaian materi tersebut, pemateri menggunakan PPT dengan gambar untuk mempermudah peserta didik mengingat materi yang telah disampaikan. Selain penggunaan PPT bergambar, pemateri juga mengajak peserta didik untuk menyebutkan nilai mata uang yang ditampilkan dalam PPT. 

Kemudian, sebelum memasuki materi utama yakni menabung. Mahasiswa KKN UNS Kelompok 89 mengajak peserta didik untuk bermain games tebak gambar, dalam hal ini peserta didik akan menebak nominal uang yang akan ditampilkan dalam PPT. Sesi tebak gambar ini dipandu oleh saudari Aprilia Garin (Mahasiswa Prodi Kimia) dan saudara Ahmad Deni Puji Cahyono (Mahasiswa Prodi Teknik Mesin). 

Setelah sesi games, pemateri melanjutkan materi utama, yakni mengenai pengertian menabung, prioritas menabung, dan manfaat menabung kepada peserta didik. Selama penyampaian materi, peserta didik sangat antusias untuk menjawab pertanyaan terkait dengan kegiatan menabung. Sebagai contoh, ketika pemateri menanyakan mengenai definisi menabung, para peserta didik sangat antusias berebut untuk menjawab.

(sumber: dokumentasi pribadi)

Namun, masih menjadi perhatian bahwa beberapa peserta didik ternyata belum mengetahui prioritas kebutuhan dalam menabung. Hal ini dilihat dari jawaban mereka ketika ditanya mengenai tujuan mereka menabung. Mayoritas peserta didik menjawab untuk membeli games, top-up games, diikuti membeli kebutuhan sekolah. Maka dari itu, kami memberikan pemahaman kepada peserta didik untuk memprioritaskan kebutuhan dibandingkan dengan keinginan mereka sebagai anak sekolah dasar. 

Setelah penyampaian materi, kegiatan dilanjutkan dengan sesi pemberian pertanyaan (post test) kepada peserta didik terkait dengan materi yang telah disampaikan. Pada sesi ini, kami memberikan beberapa reward kepada peserta didik yang dapat menjawab pertanyaan dari kami. Para peserta didik pun sangat antusias saling berebut untuk menjawab pertanyaan. 

(sumber: dokumentasi pribadi)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline