Lihat ke Halaman Asli

Apriliya Wijayanti

Mahasiswa Universitas Sebelas Maret

Gemerlap Sumpah Pemuda: Nyalakan Semangat Berkebangsaan

Diperbarui: 6 November 2023   17:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Peristiwa yang terjadi pada 1928 ini menjadi tonggak sejarah bagi pergerakan kemerdekaan bangsa Indonesia. Perjuangan yang menghasilkan sebuah ikrar menjadi sebuah pengakuan dan penegasan cita-cita berdirinya negara Indonesia. Sumpah pemuda menyatukan para pemuda dan seluruh rakyat Indonesia untuk menjadi bangsa yang bersatu, berdaulat, adil, dan makmur. Perjuangan kaum pemuda ini merupakan perjalanan panjang yang menjadikan sebuah bukti nyata adanya keberagaman di Indonesia. Berbagai pemuda di seluruh pulau Indonesia berkumpul untuk mengikrarkan sebuah ikrar sumpah pemuda. Ikrar yang diucap sebagai janji para pemuda untuk kemerdekaan Indonesia. Semangat perjuangan menyala di benak seluruh peserta kongres.


Semangat yang membara, seakan membawa perubahan nyata untuk Indonesia hingga saat ini. Para masyarakat Indonesia merayakan peringatan Sumpah Pemuda setiap tahunnya. Dengan pembacaan Ikrar sumpah pemuda, seluruh rakyat Indonesia terhanyut di dalam nuansa semangat berkebangsaan. Tepat di peringatan ke-95 tahun, Sumpah pemuda kembali menunjukkan eksistensinya. Di lingkungan sekolah sendiri, peringatan sumpah pemuda dirayakan dengan dilaksanakannya upacara bendera dan ikrar sumpah pemuda secara bersama-sama. Kemeriahan sumpah pemuda juga turut serta membangkitkan semangat para siswa untuk kembali bangkit, demi melanjutkan kemerdekaan Indonesia yang telah diraih pendahulunya.


Semangat kemerdekaan mendarah daging di dalam diri. Semangat patriotisme dan nasionalisme tergambar jelas di wajah anak muda. Dengan adanya peringatan tersebut, sekali lagi Indonesia adalah bangsa yang besar. Bangsa yang menjunjung jasa para pahlawan. Bangsa yang mampu mempertahankan semangat kebangsaan di jiwa mereka hingga titik darah penghabisan tanpa balasan. Demi kemerdekaan Indonesia, mari junjung bangsa, tanah air, dan bahasa Indonesia di tengah maraknya perseteruan yang mengguncang kestabilan Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline