Lihat ke Halaman Asli

Curug Sembilan, Pesonamu

Diperbarui: 27 Oktober 2022   19:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Travel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Curug Sembilan, ..Pesonamu

Bengkulu Utara merupakan salah satu kabupaten yang ada di propinsi Bengkulu. Secara geografis  Bengkulu  Utara berada diantara tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Mukomuko dan Kabupaten Lebong. Kabupaten ini sebagian wilayahnya berupa daerah perbukitan yang banyak menyimpan destinasi wisata alam yang indah, diantaranya air terjun.

Curug Sembilan merupakan salah satu dari sekian banyak wisata air terjun yang  sering menjadi tujuan wisata alam dan tempat camping atau tracking. Dinamakan demikian karena air mengalir dari sembilan tingkat membentuk jajaran air terjun besar dan kecil. 

Aliran air sungai yang deras, jernih dan bersuhu rendah juga pelengkapnya.  Curug ini merupakan satu-satunya air  terjun bertingkat yang ada di Propinsi Bengkulu.

Dengan  pesona pemandangan alam yang masih sangat asri Curug ini terkenal dengan sembilan cabangnya dengan posisi bertingkat.  Curug Sembilan berada dalam kawasan Hutan Lindung Broven, yang merupakan rumah bagi bunga langka yang dilindungi, bunga Raflesia Arnoldii dan Raflesia Gadutensis. 

Untuk mencapai lokasi,  pengunjung harus menguras tenaga dengan berjalan kaki lebih kurang 2 -- 3 jam dari Desa Tanah Hitam yang  merupakan desa terakhir yang juga merupakan titik awal untuk memulai tracking.

Sepanjang perjalanan menuju lokasi, pengunjung akan disuguhi pemandangan alam yang masih perawan. Hutan lindung dengan pohon raksasa, tumbuhan liar lain yang unik, juga akan ditemani dengan suara-suara hewan hutan penghuni pohon. 

Saat musim hujan perjalanan akan bertambah berat dengan medan yang licin dan berlumpur.Pastikan tubuh anda sehat dan perbekalan yang cukup saat akan memulai tracking sehingga saat mencapai air terjun stamina tetap terjaga.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline