Wonogiri – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) telah melaksanakan kegiatan sosialisasi mengenai branding dan digital marketing bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Sokoboyo, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri.
Kegiatan pada (8/8/2024) itu bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan pelaku UMKM dalam memanfaatkan teknologi digital untuk mempromosikan produk mereka. Dalam kegiatan ini, dia memaparkan strategi branding yang efektif, serta cara memanfaatkan media sosial dan platform digital lainnya untuk memperluas jangkauan pasar. Tujuan tersebut sejalan dengan tema KKN PPM UNISRI tahun 2024 yaitu "UNISRI Ikut Serta Dalam Penguatan Kesejahteraan dan Perekonomian Masyarakat Didukung Penguatan Daya Saing Ekonomi Daerah".
Branding merupakan salah satu strategi efektif yang dapat membantu UMKM membangun identitas merek yang kuat dan dapat membedakan produk mereka dari pesaing. Sementara itu digital marketing berfungsi sebagai akses ke pasar yang lebih luas melalui platform online seperti media sosial, website dan e-commerce.
"Harapan saya dengan adanya sosialisasi ini pelaku UMKM di desa Sokoboyo dapat memahami mengenai pentingnya branding dan manfaat digital marketing serta termotivasi untuk mengimplementasikannya agar dapat memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya saing," ucap Apriani selaku pemateri pada kegiatan tersebut.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H