Lihat ke Halaman Asli

apriani

mahasiswa

KKN-P Mandiri 2022 Mewujudkan Generasi Muda Qur'an

Diperbarui: 8 Maret 2022   19:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Merangkul anak-anak untuk belajar al-qur'an dimasa modern ini tidak lah muda,tentu adanya dorongan untuk mereka agar beersemangat untuk mempelajari ilmu agama dan mendalami Al-Qur'an.

 Tidak sedikit yang mengetahui,tentang provinsi jambi yang mana terdapat ada 11 kabupaten.Salah satunya yakni kabupaten Sarolangun. Tidak banyak tempat destinasi disini. 

Sayangnya, dengan adanya pandemi covid-19 yang telah menggemparkan dunia selama 2tahun belakangan ini membuat zaman modern ini semakin luas dan berkembang.

Tentu dengan berkembangnya teknologi canggih,tidak sedikit anak-anak kecanduan akan benda pipih yang tidak asing lagi di tangan mereka.yups, seperti hanphpone,table dan komputer. Seperti yang kalian ketahui handphone merupakan alat komunikasi yang telah dimiliki oleh semua orang. 

Mengingat hal itu, justru perihatin melihat mereka(anak-anak kecil) yang lincah sekali dalam memencet-mencet layar yang tersentuh langsung dengan jari-jari mereka,tetapi mereka kurang pandai dalam membaca da menulis al-qur'an.

Universitas Muhammadyah Sidoarjo(UMSIDA) dengan program rutinnya berupa KKN-Pencerahan Mandiri 2022 turut mengambil peran dalam masalah yang terjadi untuk menjadikan salah satu solusi,konsep KKN-P Mandiri ini yakni melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di daerah masing-masing.

Dengan mengambil Mitra KKN ini,saya bekerja sama dengan anggota Ikatan Remaja Masjid (IRMAS) kampung tengah di desa lubuk sepuh, untuk membuka TPQ Az-zikro dengan memiliki tujuan membangun dan merangkul anak-anak yang ada di kampung tengah untuk memperdalam ilmu agama dan mempelajari al-qur'an.

Kegiatan pembelajaran ini, dilaksanakan setiap malam sehabis sholat magrib hingga adzan isya berkumandang. Dalam proses kegiatannya,kami awali dengan berdo'a bersama selanjutnya pembelajaran IQRO' yakni dimulai dengan iqro'1 terlebih dahulu dan pada malam selasa khusunya pembelajaran ilmu tajwid dan menulis, pada malam sabtu pembelajaran praktek sholat wajib 5 waktu serta baca-bacaannya. 

Lalu bagaimana dengan bahsa arab? Ya disini mitra menmbahkan pembelajaran bahasa arab kepada anak-anak.setelah pembelajaran al-qur'an di laksanakan sebelum pulang dan mengakhiri kegiatan saya sedikit menambahkan kosa kata bahasa arab yang mudah untuk mereka pahami, Selama kegiatan tidak hanya dengan motode dangar dan ucap akan tetapi saya juga menambahkan media papan tulis mini,dan media flashcard agar suasana belajar menjadi lenih menyenangkan.

 Kegiatan yang rutin dilaksanakan ini setiap malamnya meberiksn dsmpsk positif bagi mitra dan masyarakat sekitar. Mitra tak lagi kesulitan dalam belajar dan bersemangat bila bertemu dengan teman-teman lainnya serta bersemangat bila ada ysng membimbingnya. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline