Lihat ke Halaman Asli

Apriananda Putri Setyawati

Mahasiswa Universitas Diponegoro

Demonstrasi Pembuatan Produk Diversifikasi Hasil Perikanan Nugget Ikan Nila

Diperbarui: 9 Agustus 2023   22:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

Boyolali (24/07/2023) - Mahasiswa KKN-II UNDIP menyelenggarakan demonstrasi pembuatan produk diversifikasi hasil perikanan nugget ikan nila yang diselenggarakan pada Senin, 24 Juli 2023 di Balai Desa Manyaran, Kecamatan Karanggede, Kabupaten Boyolali. Demonstrasi pembuatan produk nugget ikan nila ini merupakan salah satu program kerja tim KKN-II UNDIP, untuk meningkatkan angka konsumsi ikan di Desa Manyaran serta memberikan edukasi kepada para ibu PKK mengenai cara mengolah daging ikan menjadi olahan yang enak dan bergizi.

Kegiatan dimulai dengan sosialisasi GEMARIKAN kemudian dilanjutkan dengan demo masak pembuatan nugget ikan nila oleh Apriananda Putri Setyawati dari prodi Teknologi Hasil Perikanan. Praktiknya, Mahasiswa KKN-II UNDIP menyampaikan bahan dan langkah-langkah pembuatan nugget ikan nila. Bahan-bahan yang digunakan yaitu 250 gram ikan nila fillet, sayur seperti wortel parut, 2 siung bawang putih halus, 2 sendok makan tepung terigu, 3 sendok makan tepung tapioka, 2 butir telur, penyedap rasa, dan tepung roti sebagai bahan breadcrump. 

Langkah-langkah pembuatan nugget ikan pertama yaitu menghaluskan ikan nila, bumbu dan tepung menggunakan copper hingga halus dan tercampur merata. Selanjutnya menambah bahan tambahan lain seperti wortel, bawang bombai dan daun bawang lalu aduk hingga merata. Ketiga mencetak adonan pada Loyang dan kukus api sedang selama 15 menit. Setelah itu, dinginkan adonan nugget dan potong sesuai selera, baluri dengan terigu dan tepung panir, goreng, dan siap disajikan.

Dokumentasi Pribadi

Harapannya melalui kegiatan demonstrasi produk diversifikasi nugget ikan nila ini dapat menjadi salah satu alternatif olahan ikan yang digemari oleh seluruh kalangan Masyarakat karena dengan mengkonsumsi ikan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan.

Penulis             : Apriananda Putri Setyawati

DPL                    : Dr. Ir. Dwi Haryo Ismunarti, Msi.

Lokasi KKN    : Desa Manyaran, Kecamatan Karanggede




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline