Lihat ke Halaman Asli

Apriananda Putri Setyawati

Mahasiswa Universitas Diponegoro

Gemarikan Tingkatkan Angka Konsumsi Ikan bersama KKN-II Undip

Diperbarui: 9 Agustus 2023   22:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

Boyolali (24/07/2023) - Gemarikan sebagai program nasional adalah salah satu upaya untuk meningkatkan konsumsi ikan kepada masyarakat. Ikan merupakan sumber protein hewani yang memiliki daya cerna yang lebih baik dan jumlah kandungan asam amino essensial yang lebih banyak dibandingkan dengan sumber protein hewani lainnya. Konsumsi ikan di Indonesia dianggap masih rendah dan tidak merata antar wilayah sehingga Pemerintah terus melakukan berbagai program peningkatan konsumsi ikan.

Hasil studi menyatakan bahwa tingkat konsumsi ikan Pulau Jawa, khususnya Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah tergolong jauh lebih rendah dibandingkan dengan provinsi lain di Indonesia. Angka konsumsi ikan terendah berada di Yogyakarta sebesar 35,51 kg/kapita. Di atasnya ada Jawa Tengah dengan angka konsumsi ikan sebesar 37,48 kg/kapita. Kurangnya edukasi mengenai pentingnya makan ikan untuk meningkatkan angka konsumsi ikan di Desa Manyaran, Kabupaten Boyolali menjadi alasan perlunya diadakan sosialisasi GEMARIKAN.

Sosialisasi ini dilaksanakan untuk meningkatkan angka konsumsi ikan khususnya Desa Manyaran dengan target ibu-ibu kader PKK sekaligus mendukung program "GEMARIKAN" yang telah dilaksanakan oleh pemerintah. Oleh karena itu, Mahasiswa KKN-II UNDIP bergerak untuk melakukan program kerja berupa "Sosialisasi Gemarikan Untuk Meningkatkan Angka Konsumsi Ikan di Desa Manyaran" mengenai pentingnya makan ikan karena mengandung protein yang tinggi, vitamin D dan B12 yang tinggi untuk merangsang pertumbuhan anak serta omega-3 untuk mencegah resiko penyakit jantung.

Dokumentasi Pribadi

Sosialisasi disampaikan dalam bentuk lisan dan pemberian leaflet, kemudian dilanjutkan dengan diskusi bersama ibu-ibu kader PKK beserta ibu bidan yang bertugas di posyandu Desa Manyaran. Sosialisasi ini dilaksanakan di Balai Desa Manyaran dan diikuti oleh ibu-ibu kader PKK. Kegiatan ini dilaksanakan pada 24/7 2023. Peserta kegiatan mayoritas berasal dari kader masing-masing posyandu di Desa Manyaran. Peserta sangat antusias dalam menerima penjelasan materi dari mahasiswa serta aktif dalam memberikan pertanyaan mengenai gizi ikan serta pengolahan ikan yang sehat.

Penulis             : Apriananda Putri Setyawati

DPL                    : Dr. Ir. Dwi Haryo Ismunarti, Msi.

Lokasi KKN    : Desa Manyaran, Kecamatan Karanggede




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline