A. Pengertian evaluasi dan kurikulum Pai
1. Pengertian evaluasi
Evaluasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari informasi berguna untuk membuat penilaian terhadap kelayakan suatu program. Evaluasi juga bisa disebut dengan penilaian untuk melihat sejauh mana keberhasilan suatu program atau kegiatan dengan melihat apakah adanya perbedaan dengan suatu standar yang telah ditentukan.
2. Pengertian kurikulum Pai
kurikulum pendidikan agama Islam adalah rencana pembelajaran atau bahan-bahan pendidikan agama Islam berupa kegiatan, pengetahuan dan pengalaman yang dengan sengaja dibuat secara sistematis dan diberikan kepada siswa dalam rangka mencapai tujuan Pendidikan Agama Islam itu sendiri.
Kesimpulannya, evaluasi kurikulum PAI merupakan suatu kegiatan untuk menentukan taraf kemajuan peseta didik dalam suatu pembelajaran proses pendidikan, yang dapat dijadikan sebagai dasar dan petunjuk untuk memperbaiki, menyempurnakan, dan mengembangkan kurikulum semua mata pelajaran islam.
B. Tujuan dan fungsi evaluasi kurikulum Pai
Dalam setiap kegiatan evaluasi langkah pertama yang harus diperhatikan adalah tujuan dan fungsi evaluasi. Tujuan evaluasi Pai adalah memperoleh informasi tentang suatu program dan sebagai penghimpun bahan bahan keterangan yang akan dijadikan bukti mengenai taraf kemajuan yang dialami oleh peserta didik, untuk mengetahui tingkat kefektifan dari berbagai metode pengajaran yang diberikan ketika proses pembelajaran berlangsung.
Sedangkan fungsi dari evaluasi Pai adalah untuk mengetahui kesiapan peserta didik dalam menempuh proses pendidikan dan berfungsi sebagai pemberi landasan untuk menilai hasil usaha yang telah dicapai oleh peserta didik tersebut. Sehingga pendidik bisa mengetahui porsi masing-masing peserta didik.
Bisa disimpulkan bahwa evaluasi kurikulum Pai sangat diperlukan dalam dunia pendidikan guna mempermudah antara peserta didik dan pendidik untuk mengembangkan mensukseskan dunia pendidikan agama Islam.