Lihat ke Halaman Asli

Apipah Sriwahyuni

Mahasiswa STAI Riyadhul Jannah Subang

Pengenalan Evaluasi Pembelajaran dan Program Pendidikan

Diperbarui: 15 Oktober 2023   22:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui hasil belajar yang telah dicapai oleh peserta didik adalah dengan cara evaluasi. Evaluasi pembelajaran adalah proses untuk mendapatkan data dan informasi yang diperlukan dalam menentukan sejauh mana dan bagaimana pembelajaran yang telah berjalan agar dapat membuat penilaian (judgement) dan perbaikan yang dibutuhkan untuk memaksimalkan hasilnya.

Istilah evaluasi pembelajaran sering disamaartikan dengan ujian. Meskipun sangat berkaitan, akan tetapi tidak mencakup keseluruhan makna evaluasi pembelajaran yang sebenarnya. Ujian atau tes hanyalah salah satu jalan yang dapat ditempuh untuk menjalankan proses evaluasi. 

Tujuan evaluasi pembelajaran merupakan faktor yang sangat penting untuk menjadi tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran dan bisa membandingkan tingkat keberhasilan suatu pembelajaran dari tahun Ke tahun. 

Pendidikan diyakini oleh masyarakat dan pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Berbagai program dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, baik melalui pemberian bantuan  pemerintah dana, sarana, dan prasarana, peningkatan kualitas proses pendidikan, maupun peningkatan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan, maupun peningkatan kualitas peserta didik. Program pendidikan ini merupakan serangkaian kegiatan pendidikan yang mempunyai tujuan- tujuan tertentu. Sebagai contoh misalnya program pelatihan guru. Program pelatihan ini tentunya terdiri dari rangkaian kegiatan yang saling terkait.Untuk mengetahui keberhasilan program pendidikan yang dilaksanakan, diperlukan suatu evaluasi, yang disebut dengan evaluasi program. Karena khusus mengevaluasi program pendidikan, maka sering disebut dengan evaluasi program pendidikan. 

Evaluasi program pendidikan merupakan proses deskripsi, pengumpulan data dan penyampaian informasi kepada pengambil keputusan yang akan dipakai untuk pertimbangan apakah program perlu diperbaiki, dihentikan atau dilanjutkan.Kemudian dalam melaksanakan evaluasi program dapat dilakukan oleh orang-orang dari dalam (orang ikut terlibat dalam kegiatan), dan dapat pula orang dari luar (orang yang tidak ikut terlibat dalam kegiatan program). 

TERIMA KASIH 🙏🏻

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline