Lihat ke Halaman Asli

Maria Margaretha

TERVERIFIKASI

Guru SD. Blogger.

[Jelajah Click] Pelabuhan Tanjung Priok Bersama PT Pelni [2]

Diperbarui: 6 Juli 2016   09:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya hidup masyarakat masa kini berbeda dengan masa lalu. Banyak kebutuhan berkembang karena gaya hidup. 

Perjalanan Clickers dalam jelajah Selasa kemarin (28/6) berlanjut dengan jalan kaki menuju pelabuhan penumpang Tanjung Priok. Rupanya kami telah diundang oleh Bapak Sujadi, menghadiri peluncuran Sistem Komunikasi Kapal (SisKoKap), sore itu.

Kami tiba lebih awal rupanya sehingga Pak Isson dan sejumlah Kompasianers dapat menggunakan waktu untuk mewawancarai beberapa pejabat PT Pelni. Dalam wawancara dijelaskan bahwa PT Pelni, bekerja sama dengan TELKOM menyiapkan semua kapal Pelni dengan fasilitas wifi di laut. Namun pelaksanaan dilakukan bertahap. 

Pak Isson juga menanyakan perihal kesiapan Pelni menghadapi arus mudik lebaran. Namun demikian terlihat bahwa pertanyaan pak Isson agak di luar dugaan. Memang acara sore itu merupakan kegiatan berkenaan dengan ketersediaan wifi di kapal. Namun mengundang Kompasianers yang cerdas, kadang pertanyaannya di luar dugaan. 

Usai wawancara para Kompasianers tampak berpencar memotret dan merekam kegiatan di sekitarnya. Kemudian, acara launching dimulai. Sekali lagi dalam press conference nampak bahwa kompasianers terlibat aktif bertanya. Mbak Tamita dan Pak Isson tentunya. Tepat seusai acara launching terdengar suara adzan dan acara berbuka puasa dilaksanakan. 

Seusai berbuka, para kompasianers shalat dan acara dilanjutkan dengan mengunjungi kapal KM Kelud. Memang dalam rencana CLICK semula KM Dobonsolo, namun yang ada di dermaga adalah KM Kelud.

Di kapal, diberikan kesempatan bagi undangan mencoba menggunakan wifi. Penggunaan wifi di kapal memang masih terbatas di area publik. Itupun tidak dapat menggunakan video yang memang jelas bandwind yang dibutuhkan lebih besar. 

Pihak Telkom menjelaskan bahwa bandwind di laut tidak selebar di darat. Itulah sebabnya pemanfaatan internet masih terbatas. Namun tetap saja komunikasinya bisa jalan. Demikian tegasnya. Oh ya, wifi ini bukan gratis ya. Jadi perlu voucher dengan jangka waktu tertentu seperti wifi.id. 

Saat wartawan dan pihak Telkom turun dari kapal, kami Kompasianer diberikan kesempatan menjelajahi KM Kelud. 

Kami melihat ruang kelas 1, 2 dan Ekonomi. Kami juga menjelajahi anjungan, melihat lokasi sekoci dan melihat lihat ruang nahkoda. Tak heran beberapa Kompasianers tertarik melakukan perjalanan menggunakan kapal laut, termasuk saya. 

Seru kan jelajah CLICK? Makanya lain kali, ikut deh. Biar merasakan serunya ngeclick.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline