Lihat ke Halaman Asli

Maria Margaretha

TERVERIFIKASI

Guru SD. Blogger.

Sukses Wawancara Kerja

Diperbarui: 12 April 2016   20:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

"Bisa datang wawancara? Hari ... Jam ...?"

Bulan bulan ini adalah bulan bulan kritis bagi guru guru berstatus kontrak di sekolah swasta. Ada yang ditawarkan menetap, namun tak jarang ada yang hanya diperpanjang kontraknya. Bahkan, ada juga yang sudah diberitahu kontraknya tidak diperpanjang. Kontrak kerja seorang guru swasta umumnya berakhir pada bulan Juni-Juli. 

Saya sudah menjalani beberapa kontrak, dan umumnya berakhir karena faktor kesehatan yang sering naik turun. Saya juga tak asing dengan prosedur wawancara atau mikroteaching. 

Beberapa hal yang saya rasa bisa saya bagikan agar dapat sukses dalam wawancara kerja adalah, 

1. Buatlah impressi yang baik. 

Melamar kerja sebagai guru benar benar memerlukan penampilan seorang guru. Bukan model. Menggunakan skirt di atas lutut tidak saya sarankan. Mengajar di SD perlu keleluasaan gerak. Menggunakan celana panjang dengan warna netral akan lebih baik. 

2. Kenali profil sekolah yang anda incar. Sedapat mungkin cari informasi. Jika gaji penting buat anda, cari tahu berapa SPP siswanya. Jangan sampai, sekolah memungut SPP hanya 150 rb perbulan anda minta gaji 15 juta. Kecuali, pemilik sekolahnya memang milyuner yang mengejar kualitas pendidik dan anda memang punya kualifikasi untuk itu. 

Saya pernah dengar sebuah kisah seorang guru minta gaji besar, sementara ia hanya tamat S1 dan SPP siawa sekolah itu hanya 1 juta an dengan jumlah murid perkelas tidak mencapai 20. Memangnya gurunya dia aja? Memangnya sekolah tidak ada biaya operasional? 

Kalau memang punya prestasi di sekolah sebelumnya sih bagus. Tapi, kalau kualifikasi kurang, ya perlu mawas diri. Hitung kualifikasi diri anda. S1, kira kira berapa. Pengalaman kerja mengajar berapa, apa nilai plus anda, bisa berbahasa Inggris berapa. Mau bilang S1 luar negeri? Hati hati, karena beberapa sebutan luar negeri ditanyakan dari mana? Beberapa orang menghargai lulusan Singapura sedikit lebih mahal.

3. Bersikap jujur. Jangan sembunyikan fakta dan jangan berbohong pada pihak manapun. Apalagi jika anda belum yakin kualifikasi anda terjual. 

4. Usahakan rendah hati. Pewawancara yang cerdas bisa membaca anda. Berhati hati saat menjawab. Terkesan menjual tidak apa, asal tidak berlebihan. 

Good luck.

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline