Lihat ke Halaman Asli

Pelanggaran Hukum dan Etika pada Penyiaran Tv, Studi Kasus Program NET TV: Ini Talkshow 2019, Pemandu Acara Menghina Ulama dan Nabi

Diperbarui: 21 Juli 2022   23:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

LATAR BELAKANG

 Saat ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah menuntun masyarakat ke dunia yang penuh dengan pesan dan informasi. Perkembangan ini telah menciptakan respon hidup masyarakat untuk beradaptasi dengan perkembangan yang ada dengan menciptakan inovasi yang memunculkan media massa.

Media massa merupakan sarana komunikasi yang menggunakan media tertentu sebagai perantaranya untuk membawa pesan atau informasi yang akan disebarluaskan kepada khalayak. 

Media massa ini memiliki sifat mengirimkan dari komunikatornya dan memperoleh dari penerimanya, yaitu masyarakat luas. Sesuai dengan namanya 'massa' komunikasi yang terjadi terjalin secara publik atau luas, yang artinya dapat diakses oleh masyarakat banyak. 

Media massa dapat membantu mengirimkan dan menerima pesan melewati hambatan ruang dan waktu dan dengan waktu yang tidak terbatas pula. Wujud media massa ialah media cetak dan media elektronik. Media elektronik ini adalah perkembangan dari media massa yang semakin canggih dengan didukung oleh alat-alat elektronik yang lebih mumpuni dan memiliki kemudahan untuk digunakan.

Media elektronik merupakan suatu media yang dipergunakan sebagai alat untuk membantu menyebarluaskan dan menerima pesan atau informasi. Lebih jelasnya, media elektronik merupakan media yang memanfaatkan teknologi fungsi komputer, teknologi multimedia seperti audio, visual, dan audio visual. 

Wujud media elektronik ini seperti, radio, televisi, dan internet. Media elektronik dapat digunakan oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun tergantung dengan penggunanya, dengan kemudahan untuk mengakses dan menggunakannya, media elektronik menjadi media yang gemar digunakan oleh seluruh kalangan masyarakat. 

Dari banyaknya media massa yang digunakan dengan tujuan untuk mengirimkan dan menerima pesan atau informasi, televisi adalah media elektronik yang paling efektif dalam memberikan efek, karena televisi merupakan media elektronik yang menggabungkan seluruh mekanis antara audio dan visual. Sehingga, masyarakat tidak hanya dapat mendengar, tetapi mereka juga bisa melihat tayangan yang ditampilkan dalam televisi.

Televisi memiliki peran yang sangat berpengaruh bagi kehidupan masyarakat. Televisi merupakan media massa elektronik yang menyajikan siaran pesan atau informasi dalam bentuk audio visual. Hal ini membuat televisi dapat dikonsumsi oleh kalangan siapa saja, dan bahkan anak-anak. 

Televisi dikatakan berpengaruh, karena televisi menjadi media kepercayaan masyarakat dalam menghantarkan informasi sekaligus hiburan di kala istirahat dan di kala penat.

Di perkembangan zaman seperti saat ini, menyebabkan industri media kembali mengikuti laju perkembangan tersebut. Kemajuan tersebut telah menyebabkan banyaknya perubahan yang terjadi dalam aspek kehidupan masyarakat baik dalam aspek sosial, budaya, dan teknologi. Perubahan yang disebabkan berasal dari munculnya media baru, yaitu internet. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline