Lihat ke Halaman Asli

ansmaro

Mahasiswa

Pengembangan Posyandu Melalui Desain Tata Ruang dan Sirkulasi untuk Membuka Pandangan Baru Masyarakat Jiwowetan "Betah Posyandu"

Diperbarui: 11 Februari 2024   14:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Jiwo Wetan, Klaten (29/01) -- Kegiatan posyandu baik dari usia anak-anak sampai lansia dilakukan disuatu posyandu di Dusun Jiwo Wetan, dimana setiap kegiatan dan pelayanan yang dilakukan berjalan lancar dengan kepadatan dan keramaian didalam ruang posyandu. Salah satu mahasiswa dari Tim KKN Tim I Undip 2024 Kabupaten Klaten, Andi Maruli P melakukan peninjauan terhadap sirkulasi ruangan Posyandu Teratai I yang bertempat di Desa Jiwo Wetan, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten.

Setelah melaksanakan tinjauan ke lapangan terlihat dalam Posyandu belum memiliki alur pelayanan yang efisien yang dapat memudahkan sirkulasi pergerakan serta aktivitas pada saat pelaksanaan pengecekan pelayanan kesehatan. Dengan pembuatan desain tata ruang nantinya diharapkan semua fungsi ruang dan sirkulasi dapat berjalan dengan lebih maksimal.

Perizinan dan Survey lokasi Posyandu Teratai I

Kegiatan dilaksanakan pada minggu ke-4 dimana, awalnya meminta perizinan kepada kader posyandu dan kepala dusun setempat dan terjun ke lokasi posyandu melihat dan menemukan titik permasalahan mengenai tata ruang posyandu sebelum merekomendasikan desain tata ruang yang lebih efisien, survey dilakukan dengan wawancara dengan kader posyandu, melakukan pengambilan foto keadaan terkini posyandu, kemudian dibuatkan sebuah rekomendasi tata ruang yang efisien. Pada Implementasi produk yang diberikan berupa poster yang kemudian diserahkan dan ditempelkan pada ruang posyandu tersebut.

Dokpri

Output Program berupa Poster Redesain Posyandu Teratai I Dusun Jiwo Wetan, dilaksanakan oleh Andi Maruli dan dibantu oleh Tim KKN Tim I Desa Jiwo Wetan, diharapkan output  dan penjelasan mengenai redesain posyandu dapat memberi manfaat dan pandangan bagi perangkat dan masyarakat agar lebih peka akan alur pelayanan dalam ruang posyandu, selain itu mungkin dapat meningkatkan kualitas bangunan posyandu dan fasilitasnya dikemudian hari untuk kebutuhan masyarakat




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline