Lihat ke Halaman Asli

Media Sederhana Mengenalkan Angka pada Anak Usia Dini

Diperbarui: 27 Januari 2024   20:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

foto: kegiatan penggunaan media sederhana mengenalkan angka pada anak usia dini (dokpri)

Usia pra sekolah merupakan waktu yang sangat penting bagi perkembangan matematika siswa. Karena masa ini merupakan waktu yang optimal dalam perkembangan otak  siswa, sehingga mampu menyerap informasi lebih baik daripada usia siswa di kelas lanjutan. 

Sejatinya matematika bukanlah hal baru bagi anak usia dini, karena anak  sudah memiliki kemampuan matematika sejak dari bayi dasar perkembangan matematika anak-anak dibangun pada tahun-tahun dini, matematika dibangun oleh keingintahuan dan semangat  serta  tumbuh  secara  alami  dari  pengalaman  anak-anak. Rasa ingin  tahu  pada anak usia  dini  yang  begitu  besar  akan menimbulkan banyak pertanyaan tentang dunia dibenak mereka. 

Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan terjawab dengan pengalaman langsung, sehingga akan membuat pembelajaran lebih bermakna dan anak lebih bersemangat untuk belajar, termasuk belajar konsep dasar matematika, pada mata pelajaran matematika. 

Konsep bilangan berfungsi sebagai dasar untuk mempelajari konsep dan keterampilan matematika yang akan mendukung siswa secara dini untuk mencegah kegagalan matematika dimasa depan. 

Langkah-langkah pengenalan konsep bilangan yaitu membilang yang merupakan kegiatan menghitung dengan memperkenalkan angka-angka, lalu mengajarkan anak-anak mengurutkan bilangan 1-10. 

Agar anak-anak memahami konsep bilangan sebaiknya pembelajaran dilakukan dengan benda-benda kongkret yang dihubungkan dengan lambang atau simbol, sehingga mereka mampu memahami konsep lebih banyak dan lebih sedikit. 

Ketika anak-anak sudah mampu memahami konsep lebih banyak dan lebih sedikit maka kepekaan bilangan mereka sudah berkembang. Saat kepekaan bilangan sudah berkembang maka mereka akan lebih menyukai berhitung. 

Oleh sebab itu perlu upaya yang serius dan terorganisir dengan baik dalam penyelenggaraan pendidikan anak sejak usia dini, utamanya pada pembelajaran matematika dalam memahami konsep bilangan.

Pada kenyataanya banyak orang tua atau guru yang mengajarkan anak angka sebatas menulis saja padahal banyak hal yang bisa dilakukan diantaranya dengan membuat media sederhana atau alat peraga sederhana dengan menggunakan barang barang bekas yang tidak terpakai seperti kardus dll. Seperti media kincir angka, berikut ini cara pembuatan kincir angka.

MEDIA DAN LKPD

KINCIR ANGKA

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline