Lihat ke Halaman Asli

Butuh Coworking Space? Perhatikan Hal Ini!

Diperbarui: 26 Agustus 2015   14:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.



Coworking space
telah menjadi populer di seluruh dunia. Tidak hanya sebagai tempat bagi perusahaan-perusahaan baru (biasanya startup) untuk bekerja, coworking space juga memberikan peluang bagi para pelaku bisnis, khususnya startup, untuk dapat menjalin koneksi dan hubungan profesional dengan pelaku bisnis startup lainnya, atau jika kamu beruntung, kamu bisa terhubung langsung dengan Venture Capital atau angel investor.

Perhatikan “Brand” dari Coworking space kamu

Jika kamu sebagai pemilik perusahaan startup dan ingin bekerja di coworking space, kamu perlu mempertimbangkan brand dari coworking space tersebut. Kekuatan dari merek coworking space tercermin dari siapa para pendiri dan orang-orang di dalamnya (tim), juga siapa saja perusahaan startup yang sedang dan pernah bekerja di sana. Kekuatan para pendiri, tim, dan pengguna coworking space membentuk citra coworking space tersebut. Jika kamu bekerja di coworking space dengan citra yang baik dan brand yang kuat, kamu akan mendapatkan keuntungan. Perusahaan startup kamu akan ikut dipandang baik dan memiliki prospek yang bagus. Brand atau citra positif coworking space dapat memberikan kredibilitas bagi startup kamu, apalagi jika startup kamu belum terlalu dikenal.

Perhatikan fasilitas

Fasilitas yang tersedia di tiap-tiap coworking space berbeda-beda mulai dari adanya wifi gratis, air minum yang selalu tersedia, kopi, dan lain-lain. Ada juga yang menyediakan ruang rapat yang besar, sedang, kecil. Perhatikan pula keamanan dan waktu bekerja, apakah dapat menggunakan coworking space dalam 24 jam dengan pengamanan prima?

Pilih coworking space dengan lingkungan yang sudah terbentuk

Bekerja dengan banyak orang dari latar belakang berbeda dan perusahaan yang berbeda dapat membantu kamu. Jika kamu butuh konsultan design, mengetahui isu IT terbaru, nasihat-nasihat terkait gaji pegawai atau kontrak karyawan mungkin akan kamu temui hanya beberapa kursi dari tempat kamu bekerja. Kamu dapat mengakrabkan diri dengan mereka dan saling membantu jika satu sama lain membutuhkan bantuan atau masukan. Tentunya ini akan sangat membantu startup kamu, bukan? Maka dari itu, adalah penting bagi kamu untuk memilih coworking space yang lingkungannya sudah terbentuk sehingga komunikasi mudah terjalin.

Koneksi, koneksi, koneksi!

Beberapa coworking space memiliki koneksi luas, tidak hanya ke alumni startup (startup yang sudah berkembang sangat pesat) mereka, namun yang paling penting adalah koneksi ke Venture Capital (VC) atau angel investor. Beberapa coworking space di Jakarta sudah ada yang memiliki jaringan yang luasa dan baik dalam maintain koneksi mereka, bahkan ada salah satu coworking space yang memiliki koneksi sangat luas dan terafilisasi dengan jaringan startup dunia buatan Presiden AS Barrack Obama dengan Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton yang tentunya akan sangat membantu kamu dalam memperluas koneksi startup-mu, tidak hanya dengan investor dan jaringan lokal tetapi juga dengan investor dan jaringan dunia.

Mulailah berpindah dari bekerja di rumah ke coworking space

Jika kamu merasa bahwa bisnismu sudah tidak mumpuni lagi jika di kerjakan di rumah, coworking space bisa menjadi solusi. Pasti akan sangat berbiaya mahal jika kamu menyewa lokasi private untuk perusahaanmu seperti I ruko, rukan, atau salah satu lantai di gedung perkantoran, tentunya akan sangat memberatkan operasional bisnis kamu bukan? Maka coworking space adalah solusinya karena biaya sewa di coworking space tidak terlalu mahal.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline