Lihat ke Halaman Asli

Anum Nuryani

Tenaga Pendidik

Kegiatan PKM Dosen Prodi Manajemen S1 Unpam pada Tictoc Shop dan Joglo Shop Tangerang Selatan

Diperbarui: 16 Maret 2023   22:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tim Pkm dan Peserta UMKM Tictoc Shop dan Joglo Shop/Dokpri

Saat ini setiap kegiatan tidak terlepas dari yang namanya digitalisasi. Aktivitas keseharianpun menggunakan digitalisasi. Hal ini menunjukkan peningkatan pengguna internet. Pemerintah juga terus mendorong transformasi digitalisasi seperti pada para pelaku UMKM. Guna memperkuat UMKM pemerintah merancang program UMKM Go Digital.

Salah satu bentuk kegiatan digitalisasi yang bisa dioptimalkan oleh pelaku UMKM ialah dengan melakukan pemasaran dan penjualan dalam bentuk digital. Seperti pada marketplace maupun media sosial. Dalam memanfaatkan media sosial maka strategi pemasaran yang dilakukan pun akan berbeda dengan pemasaran offline

Salah satu perbedaannya yakni melalui digitalisasi maka pemasaran bisa melewati batas ruang dan waktu, artinya bisa dijangkau kapanpun dan di manapun. Hal ini, karena aktifitas penggunaan internet yang biasa dilakukan selama 24 jam dalam 7 hari sangat menarik bagi pelaku bisnis online dan tidak terdapat batasan geografis. Para pengguna jasa jual beli online dapat dengan mudah mengakses online shop yang diinginkan.

Tictoc Shop dan Joglo Shop merupakan para pelau UMKM yang menjalankan bisnisnya secara online. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) adalah sektor ekonomi nasional yang paling strategis dan menyangkut hajat hidup orang banyak, sehingga menjadi tulang punggung perekonomian nasional.

Melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat (PKM) Dosen Universitas Pamulang Prodi Manajemen S1, menjalankan tri dharma perguruan sebagai salah satu upaya pemberdayaan UMKM dengan memberikan penguatan pemahaman terhadap  strategi bisnis pada UMKM Tictoc Shop & Joglo Shop.  Langkah ini dilakukan dalam rangka pemberdayaan UMKM karena sektor ini mampu menyediakan lapangan kerja yang mampu menyerap tenaga kerja yang cukup tinggi sehingga ke depannya dapat membantu meningkatkan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan dasar hidup masyarakat.

Penguatan pemahaman bisnis pada UMKM ini dilakukan dengan cara memberikan beberapa materi terkait strategi branding dengan memanfaatkan teknologi digital, pengelolaan keuangan bisnis sederhana, serta pengelolaan SDM dengan menerapkan budaya organisasi yang baik di dalam organisasi. Dalam kegiatan ini metode yang digunakan dalam penyampaian materi yaitu dengan cara metode penjelasan, sharing, tanya jawab, diskusi dan praktek. Pada metode penjelasan setiap nara sumber menyampaikan materi dengan membuat tampilan visual berupa slide power point yang ditampilkan ke layar dengan alat LCD proyektor.


Pada akhirnya kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar berkat dukungan dari beberapa pihak Khususnya Bpk. Aan Purnama dan Ibu Widowati sebagai Pemilik UMKM Tictoc Shop dan Joglo Shop yang bersedia memberikan izin serta tempat untuk dilaksanakan kegiatan ini yang beralamat di Pondok Aren Tangerang Selatan. Seluruh peserta yang hadirpun sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan ini. Harapannya akan ada program kegiatan lanjutan untuk pemantapan proses usaha sehingga usaha yang dijalankan bisa lebih maksimal dan optimal.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline