Lihat ke Halaman Asli

anwar rafiudin

hi saya anwar

Pengalaman Dalam Membagi Waktu

Diperbarui: 22 Januari 2024   08:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Bismillahirrahmanirrahim, kali ini saya ikutan buat tulisan tentang pengalaman pribadi dengan mengutip hikmah dari Amirul Mukminin. Kali ini ini saya merasa tema "Pengalaman Dalam Iman dan Membagi Waktu", dan mengutip hikmah saya harap bisa relevan dengan topik kali ini. Seperti dalam Hikmah 390 Imam Ali as berkata;

لِلْمُؤْمِنِ ثَلاَثُ سَاعَات فَسَاعَةٌ يُنَاجِي فِيهَا رَبَّهُ وَسَاعَةٌ يَرُمُّ مَعَاشَهُ وَسَاعَةٌ يُخَلِّي بَيْنَ نَفْسِهِ وَبَيْنَ لَذَّتِهَا فِيمَا يَحِلُّ وَيَجْمُلُ وَلَيْسَ لِلْعَاقِلِ أَنْ يَكُونَ شَاخِصاً إِلاَّ فِي ثَلاَث مَرَمَّة لِمَعَاش أَوْ خُطْوَة فِي مَعَاد أَوْ لَذَّة فِي غَيْرِ مُحَرَّم

 "Dengan Iman, manusia membagi hidupnya menjadi tiga bagian, ia menghabiskan satu bagian dalam ibadah dan permohonan kepada Tuhannya. Dia menggunakan bagian lainnya untuk meningkatkan penghidupan dan kehidupannya, dan dia menggunakan bagian ketiga untuk menikmati kesenangan yang halal dan menyenangkan." 

Di benak saya ingin mencari tahu apa yang dimaksud iman dan apa lawannya? iman  diambil dari kata kerja 'aamana' - yukminuyang berarti 'percaya' atau 'membenarkan'. Dan secara istilah menurut kbbi iman adalah kepercayaan (yang berkenaan dengan agama); keyakinan dan kepercayaan kepada Allah, nabi, kitab, dan sebagainya ketetapan hati. Dan lawanya kufur juga berasal dari akar kata kerja "kafara-yakfuru," yang berarti ingkar atau menolak. Dan secara istilah kafir bisa diimplikasikan menjadi "seseorang yang bersembunyi atau menutup diri". 

Dari definisi ini memberi gambaran tentang iman bahwa dalam kehidupan kita berperan penting dalam rangka kita membagi waktu dalam kehidupan ini. 

Saya teringat saat pelajaran Akhlaq pada saat belajar online ustaz pernah menjelaskan tentang 4 potensi dalam diri manusia yaitu; aqliyah (rasional), ghadabiyah (amarah), syahwatiyah (hawa nafsu), dan wahmiah (khayalan). Pada bagian syahwatiyah ustaz mengatakan apabila akal dapat mengontrol syahwatiyah maka segala perintah Tuhan, RasulNya, dan manusia suci, kita akan jalankan.

 Sebaliknya bila syahwatiyah mengontrol akal maka segala apa yang diperintahkan Tuhan akan kita lawan dan tidak dilaksanakan. Dan di sini iman dan kufur termasuk potensi syahwatiyah pada diri manusia. 

Beberapa hal berikut mungkin cara saya menentukan manajemen waktu; 

Pertama saya pernah belajar tentang cara manajemen waktu seperti mengelompokkan berdasarkan;

 a. penting dan mendesak, b. penting tidak mendesak, c. tidak penting mendesak, dan d. tidak penting dan tidak mendesak. Tetapi saya belum istiqomah dalam menjalankan cara ini diakibatkan saya tidak menyadari begitu pentingnya membagi waktu berdasarkan prioritas.

Kedua tatkala tengah malam datang terkadang saya terkadang merenungi waktu dalam kehidupan yang telah berlalu sambil mencoba mengintropeksi diri.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline