Lihat ke Halaman Asli

anwar rafiudin

hi saya anwar

Pengalaman Mengikuti Seleksi Beasiswa Pemrograman Devhandal

Diperbarui: 27 Oktober 2023   16:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Twibbon by Alibaba Cloud.

Jakarta, (27/10) Sebagai bentuk usaha untuk meningkatkan kompetensi ketrampilan digital di Indonesia, Codepolitan berkolaborasi dengan perusahaan Alibaba Cloud resmi meluncurkan program Developer Handal (DevHandal) Batch 1 sampai tanggal 26 Oktober 2023. Developer Handal sebuah program beasiswa belajar coding dalam 1 tahun dan memperoleh sertifikasi developer internasional yang disediakan untuk 3.000 generasi muda Indonesia.

Alibaba Cloud.

Sekarang ada 13,642 dari keseluruhan pendaftar dari berbagai wilayah di Indonesia, yang telah membuka akun guna mengikuti tahap demi tahap. Adapun tahap mendapatkan beasiswa Devhandal dimulai dari pendaftaran akun, melengkapi data diri, mengerjakan tugas untuk dapat sertifikat, mengirim postingan berupa link referall dan twibbon, membuat postingan blog yang menarasikan pengalaman selama mengikuti misi untuk mendapatkan beasiswa pelatihan coding selama setahun. 

Image Codepolitan. 

Bagi yang mempunyai tulisan pengalaman terbaik dan mengerjakan semua tugas akan mendapatkan reward berupa lucky draw seperti iPad, laptop, dll. Beasiswa ini diperuntukkan untuk 2 kategori: yang pertama umum kalangan masyarakat dan kedua mahasiswa/i bedanya bedanya kalau umum harus menyediakan saldo 1$(dollar) melalui ATM atau rekening Paypal untuk ditransfer setelah itu dananya dikembalikan tanpa potongan sedikitpun sedangkan jalur mahasiswa/i menyediakan dokumen yang diperlukan seperti KTM, KRS, KHS, Kuitansi pembayaran semester, Jadwal mata kuliah yang dikirim melalui link websitenya dan nanti informasinya bisa didapatkan melalui notifikasi e-mail.

Saya merasa senang dan beruntung bisa mendapatkan kesempatan dan pengalaman baru dalam dunia pemrograman. Mempelajari bahasa komunikasi dengan komputer untuk menyampaikan sebuah perintah yang dapat dikenali komputer seperti algoritma yang membuat saya bingung namun ada keinginan untuk tetap belajar dan semakin penasaran untuk banyak mencari tahu. Saya banyak membaca instruksinya, menonton video tutorial coding, dan bertanya kepada teman komunitas sesama web-developer. Pada silabus pembelajaran yang detail, adapun materi dipelajari meliputi: HTML, CSS,  JavaScript, Node.jsE, Express.js
, React.js, MongoDB, dll.

Image Developer Handal.

Menurut saya mengerjakan coding membuat dikejar target, menyelesaikan sesuai jadwal dan konsisten dalam meningkatkan hard skill, harus memiliki kehati-hatian dan kesabaran, belajar pemrograman sangat diperlukan untuk kita bisa menghadapi tantangan yang selalu muncul di masa depan dan menjadi keahlian yang membuat kita memiliki kapabilitas dalam mengendalikan kecanggihan teknologi.

Profile akun beasiswa Codepolitan.

Bagi teman-teman yang belum lulus sampai pada tahapan ini semoga bisa lulus pada batch 2 yang akan dibuka kembali. Keep it Up Coders Cheers... 

Kegiatan mengerjakan Tugas Labs Devhandal.





BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline