Lihat ke Halaman Asli

Mata Pelajaran PPKN sebagai Pengembang Disiplin Siswa

Diperbarui: 1 April 2016   14:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Muhammad Anwar

E1B013016

PPKn/V

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS MATARAM

2015/2016

Mata pelajran PPKn merupakan salah satu mata pelajaran yang terkomponen di dalam bidang pendidikan di Indonesia yang tergolong dalam mata pelajaran yang diwajibkan ada di setiap sekolah di seluruh Indonesia. Pendidikan di Indonesia saat ini terus berkembang dengan seiiringnya perkembangan zaman, hal ini membuat pemerintah terus berbenah dalam memajukan pendidikan di Indonesia, salah satu contoh kebijakan pemerintah untuk memajukan pendidikan di Indonesia ialah dengan menciptakan kurikulum baru yaitu kurikulum 2013 atau biasa disebut K13. Di dalam kurikulum 2013 mata pelajaran PPKn digolongkan sebagai mata pelajaran wajib dan dijadikan sebagai dasar dari pembentukan kurikulum baru ini, karena di dalam kurikulum ini yang menjadi tujuan utama terciptanya karakter siswa yang lebih baik lagi dan menjadi siswa yang disiplin dalam berbagai bidang, oleh karna itu disiplin di utamakan karna sebagai salah satu tonggak terciptanya generasi penerus bangsa yang di cita-citakan.

Sikap disiplin adalah salah satu sikap yang di kembangkan dalam kurikulum 2013, tidak terlepas dari peran mata pelajaran PPKn, sikap disiplin salah satu sikap dari 18 sikap yang termuat didalam kurikulum 2013, hal ini membuat mata pelajaran PPKn sebagai mata pelajaan yang mengembangkan sikap disiplin siswa dalam mengikuti pelajaran atau dalam berbagai bidang kehidupan. Tingkat disiplin siswa di daerah Kota Mataram mulai dari aspek sopan santun 93%, kehadiran disekolah 87%, kegiatan belajar 83%, dan penampilan 71%, hal ini menunjukkan bahwa kedisiplinan siswa di Kota Mataram rendah.

Disiplin sangat penting dalam memajukan sekolah dan siswa. Siswa yang disiplin akan mampu menjauhkan diri dari prilaku yang menyimpang dari aturan yang di berlakukan di sekolah maupun di lingkungan sekolah. Displin juga memahami dan menyesuaikan diri dengan tuntutan lingkungan atau zaman serta dapat mendukung siswa dalam kemajuan dan keberhasilan proses belajarnya oleh sebab itu mata pelajaran PPKn sangat berperan penting dalam membentuk karakter siswa terutama tingkat kedisiplin siswa dalam menuntut ilmu disekolah.

Sekolah yang mengutamakan kedisiplinan harus menerapkan kurikulum 2013 karena didalam kurikulum 2013 terdapat pembentukan karakter, salah satunya disiplin. Disiplin tidak dapat dilakukan atau dibentuk secara langsung melainkan perlu dukungan dan pengaruh dari luar maupun dari dalam diri individu. Terdapat 4 hal yang dapat mempengaruhi dan membentuk disiplin yaitu mengikuti dan mentaati peraturan, kesadaran diri, alat pedidikan dan hukum yang berlaku di lingkungan sekolah. Dari beberaa faktor tersebut merupakan tugas dari mata pelajaran PPKn untuk mempengaruhi disiplin siswa agar menjadi siswa yang tingkat kedisiplinannya baik.

Mata pelajaran PPKn memberikan pengaruh besar dalam mempengaruhi sikap disiplin siswa, selain pengaruh dari mata pelajaran PPKn, guru pengempu dan kesadaran diri siswa juga sebagai faktor internal dalam menciptakan sikap disiplin siswa agar apa yang diingkan sekolah dan pemerintah sudah tercapai dengan membentuk K13 sebagai kurikulum yang mengedepankan karakter yang baik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline