Lihat ke Halaman Asli

Pelatihan Managemen Keuangan bagi ibu-ibu PKK Desa Pangakalan Karawang

Diperbarui: 28 Mei 2024   13:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ibu PKK Desa Pangakalan Karawang (Dokpri)

Hari Minggu tanggal 12 November 2023, Universitas Bina Sarana Informatika, Fakultas Teknologi dan Informatika, Prodi Sistem Informasi mengadakan pengabdian masyarakat bekerjasama dengan Kantor Desa Jatilaksana, Karawang, Jawa Barat. Tema yang diangkat pada kegiatan pengabdian Masyarakat kali ini adalah" Pelatihan Managemen Keuangan untuk Ibu-Ibu PKK mengunakan  Microsoft Excel Desa Jatilaksana Karawang. Selaku  sebagai Ketua Pelaksana adalah Tri Haryati . Bertindak selaku Tutor yaitu Asriani Natong , Dengan anggota terdiri dari Anus wuryanto, serta diikuti oleh dua mahasiswa yaitu Aga Perbawa, Vika Windiyahastuti  ibu Tri haryati selaku ketua pelaksana pengabdian masyarakat kali ini dibantu dengan beberapa orang tim dosen dan mahasiswa Universitas BSI, menjelaskan bagaimana memanfaatkan Pelatihan Managemen Keuangan untuk Ibu-Ibu PKK  Pangkalan Karawang, sehingga hal ini merupakan salah satu sarana untuk mengetahui cara manajemen pemasukan dan pengeluaran keuangan bagi ibu-ibu PKK.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh Anus Wuryanto yang bertugas sebagai pembawa acara, kemudian kata sambutan yang diwakili oleh ketua pelaksana Tri haryati dan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh tutor Asriani Natong. Minimnya informasi cara menejemen keuangan bagi ibu ibu di desa, padahal sangat mungkin ibu ibu di desa juga punya cara tersendiri menejemen keuangan dengan ala kadarnya. Berangkat dari hal tersebut, kami terdorong untuk memberikan pelatihan langkah langkah mengunakan Microsoft excel tata cara menghitung dan kankulasi yang bisa digunakan untuk memenejemen Keungan. Mitra dalam kegiatan pengabdian masyarakat kali ini adalah ibu-ibu pkk Desa Jatilaksana yang berjumlah 16 peserta. Metode yang kami gunakan dalam pengabdian masyarakat kali ini berupa Pelatihan Managemen Keuangan untuk Ibu-Ibu PKK mengunakan  Microsoft Excel.  Pengabdian masyarakat kali ini dilaksanakan secara tatap muka bertempat di aula kantor Desa Jatilaksana Karawang. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman secara umum mengenai menejemen kuangan dengan Microsoft Excel bagi ibu-ibu pkk didesa Jatilaksana Karawang.

Dalam pengabdian ini prakteknya dilakukan secara langsung. Manfaat kegiatan ini ibu-ibu pkk di desa Jatilaksana Karawang bisa memahami bagaimana memanfaatkan microsof excel yang biasa mereka gunakan untuk mengitung pengeluaran dan pemasukan keuangan dari kegiatan sehari atau usaha ibu-ibu pkk . Capaian kegiatan ini diharapkan para ibu -ibu pkk bisa mengatur keuangan mereka melalui Microsoft excel dan dapat meningkatkan stabilitas rumah tangga  ibu-ibu pkk di desa jatilaksana, Karawang

Photo bersama Perserta Workshop Ibu PKK desa Pangakalan Karawang (Dokpri)

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline