Lihat ke Halaman Asli

Anung Anindita

Pengajar Bahasa Indonesia SMP Negeri 21 Semarang

Membuat Teks Eksposisi yang Berkualitas

Diperbarui: 24 November 2020   20:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

lifestyle.bisnis.com

Sebelum mengulas cara membuat teks eksposisi yang berkualitas, kita perlu paham terlebih dahulu "Apa itu teks eksposisi?" Teks eksposisi adalah teks yang berisi opini penulis dengan unsur pendukung atau penjelas berupa data hasil temuan, fakta-fakta, atau pernyataan ahli yang pengemasannya sesuai dengan struktur teks eksposisi. 

Lantas, bagaimana cara membuat teks eksposisi yang berkualitas? Ada beberapa cara yang bisa menjadi alternatif sebagai berikut.

1. Tentukan Judul

Karena teks eksposisi identik dengan opini, kita bisa mencari ide dari isu-isu terhangat atau keresahan kita. Dalam hal ini, mengingat sering beredarnya hoaks dan minimnya penerapan fungsi literasi, judul yang diangkat adalah "Urgensi Berpikir Kritis".

2. Pengumpulan Informasi Pendukung/ Penjelas

Dari judul "Urgensi Berpikir Kritis", kita bisa berselancar di berbagai kanal dengan berbagi kata kunci pula, seperti pengertian berpikir kritis, manfaat berpikir kritis, dan dampak berpikir kritis. Selain mencari literatur dalam bentuk tulisan, kita juga bisa mendengarkan secara visual melalui Youtube.

Nah, berbagai hasil dari pengumpulan informasi dari judul "Urgensi Berpikir Kritis" adalah sebagai berikut.

2A. Menurut Dictionary.com, n.d. & Center for Innovation in Legal Education, berpikir kritis adalah cara berpikir yang jelas, rasional, terbuka berdasarkan bukti dan fakta atas hal yang dibaca, didengar, atau dilihat.

Sumber: greatmind.id

2B. Sistem kerja otak manusia ada 2:  sistem 1 (instan, dangkal, dipengaruhi atau asumsi diragukan) dan sistem 2 (mendalam, sistematis, perlahan, asumsi rasional.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline