Lihat ke Halaman Asli

Anung Anindita

Pengajar Bahasa Indonesia SMP Negeri 21 Semarang

Aku dan Hijab adalah Urusanku

Diperbarui: 13 Maret 2020   23:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Oleh: Anung Anindita

"Kamu lebih cantik pakai hijab."

"Kok hijabnya dilepas?"

"Hijabmu kurang panjang."

"Pakai hijab, tapi akhlaknya kok kaya begitu."

Saat ini, kenyataannya adalah banyak orang yang mempermasalahkan kebenaran berhijab sesuai dengan pemahamannya masing-masing. Padahal, esensinya, berhijab adalah salah satu bentuk komunikasi umat dengan Tuhannya. Lantas, apakah yang tidak berhijab tidak melakukan komunikasi dengan Tuhan yang sama? Apa pun bentuk komunikasi antara manusia dan Tuhan, itu adalah hal privasi yang seharusnya tidak diikuti dengan campur tangan orang lain. Mengapa demikian? Berikut adalah beberapa alasan ihwal "hijab" tidak perlu diperkarakan antara satu manusia dan manusia lainnya.

1. Privasi

Perihal hijab sebagai topik pembicaraan untuk melakukan kegiatan nasihat agaknya harus hati-hati. Perkataan seperti "Kapan mau pakai jilbab sih?" tidak bisa begitu saja dapat diterima mitra tuturnya dengan kondisi baik-baik saja. Mungkin bisa, tetapi ada kemungkinan tidak bisanya juga. Artinya, faktor kedekatan dan pemahaman antara satu dan lainnya harus diperhatikan. Jika ingin memperbaiki segala sesuatu, mulailah dengan diri sendiri terlebih dahulu. Hal tersebut lebih memungkinkan banyak orang terinspirasi tanpa perlu lelah melakukan provokasi.

2. Dirimu Bukan Tuhan

Melakukan penghakiman atas segala sesuatu yang dilakukan seseorang berdasarkan keyakinan pribadi seharusnya tidak dilakukan. Menilai "apakah itu baik/ buruk", seperti melabeli "perempuan baik atau tidak" melalui panjang/ pendeknya hijab yang dipakai juga tidak perlu dilakukan. Hal tersebut dapat membuat siapa pun yang mendengarnya menjadi sakit hati. Terlebih, tidak ada yang mengetahui secara pasti mengenai proses seseorang mengenakan hijab dengan situasi dan kondisi tertentu. Jadi, berhati-hatilah dalam memberikan komentar atau penilaian.

3. Agama Berdiri dengan Toleransi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline