Lihat ke Halaman Asli

Guru Bahasa Arab MTsN 1 Bantul Aktif Ikuti MGMP

Diperbarui: 26 September 2024   11:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

Bantul (MTsN 1 Bantul) -- Guru Bahasa Arab Sri Suharti  mengikuti kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Arab Kabupaten Bantul. MGMP ini   dilaksanakan pada Selasa (24/09 24) di MTsN 5 Bantul pukul 12.30-15.00 WIB. Agenda kegitan MGMP ini menyusun modul ajar. Tujuan kegiatan MGMP untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam menyusun modul ajar dalam Kurikulum Merdeka.

Tutik Khusniati, koordinator MGMP Bahasa Arab  Kabupaten Bantul, juga menjelaskan dalam sambutannya tentang cara menyusun modul ajar.
"Tahap pertama mencermati Capaian Pembelajaran (CP).  Dalam CP memuat aspek kompetensi dan materi, dan guru harus mampu memyusun pemetaan kompensi dan materi yang harus dikuasai oleh peserta didik. Tahap kedua menyusun Tujuan Pembelajaran (TP). 

Dalam menyusun TP harus merujuk pada kompetensi dan materi yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran. Tahap ketiga menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Dalam ATP memuat tahap kegiatan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tahap keempat menyusun modul ajar. Pada prinsipnya modul ajar memuat tiga komponen yaitu tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan asesmen.

Kegiatan ini dihadiri oleh koordinator MGMP Bahasa Arab Kabupaten Bantul Tutik Khusniati dan anggota MGMP Kabupaten Bantul.  Susunan acara MGMP terdiri dari pembukaan, sambutan-sambutan, pemaparan materi modul ajar dan penutup.  

Muhammad Fadhil narasumber menjelaskan, meskipun prinsip menyusun modul ajar hanya terdiri dari tiga komponen, tetapi alangkah baiknya guru menyusun modul ajar secara lengkap. Kelengkapan komponen terdiri dari identitas, tujuan pembelajaran, profil pancasila yang dikembangkan, karakter dan budi pekerti yang dikembangkan.

 Moderasi beragama yang dikembangkan, sarana dan prasarana, target dan jumlah peserta didik, materi pembelajaran, model pembelajaran, asesmen, kegiatan utama pembelajaran, pengaturan peserta didik, pendekatan dan metode pembelajaran, sumber belajar, media, persiapan kegiatan pembelajaran, dan daftar pustaka. (sri)

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline