Lihat ke Halaman Asli

MTsN 1 Bantul Selenggarakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw. 1445 H

Diperbarui: 17 September 2024   15:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pri

Bantul (MTsN 1 Bantul) -- MTs Negeri 1 Bantul menyelenggarakan peringatan maulid Nabi Muhammad Saw. pada Selasa (17/09 24) pukul 10.00-11.55 WIB di Musala Daarul 'Ilmi. Tema peringatan maulid nabi pada tahun 1445 H "Ceriakan Harimu dengan Shalawat kepada Nabimu.  Peringatan maulid nabi ini diikuti oleh seluruh peserta didik, guru, dan pegawai. Peringatan maulid nabi ini bertujuan menumbuhkembangkan rasa cinta dan memperbanyak shalawat  kepada Nabi Muhammad Saw.


Nabi Muhammad Saw lahir pada Senin 12 Robiul awal tahun 570 M di Mekah. Hakikat  peringatan maulid nabi memperkenalkan Nabi Muhammad Saw kepada setiap generasi kaum muslimin. Kenal merupakan pintu gerbang untuk mencintai seseorang, sehingga dengan mengenal maka akan tumbuh rasa cinta kepada Nabi Muhammad Saw. Syaekhul Fatah, Waka Kesiswaan menjelaskan bahwa memperingati maulid nabi merupakan bukti kecintaan warga madrasah atas lahirnya manusia paling sempurna di muka bumi. Ekspresi kecintaan warga madrasah diwujudkan dengan membaca Kitab Dibaiyah.

Rundown acara peringaan maulid nabi ini diawali pracara yang dimeriahkan tim hadroh MTsN 1 Bantul yang melantukan shalawat dan puji-pujian kepada Nabi Muhammad Saw. Acara kedua sambutan oleh kepala madrasah tujuan peringatan maulid Nabi Muhammad Saw. Acara ketiga membaca Kitab Dibaiyah yang berisi shalat dan puji-pujian serta kegembiaraan kaum muslimin atas kelahiran Nabi Muhammad Saw. Acara terakhir penutup diakhiri dengan doa hamdalah dan salam. "Dalam Kitab Fatkhul Bari dijelaskan bahwa Abu Lahab mendapatkan keringanan siksa setiap Senin karena gembira atas kelahiran Nabi Muhammad Saw. Melalui peringatan  maulid nabi ini diharapkan warga madrasah lebih mencintai Nabi Muhammd imbuh Fatah." (sri)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline