Lihat ke Halaman Asli

Peserta Matsama MTsN 1 Bantul Aktif Mengikuti Dinamika Kelompok

Diperbarui: 15 Juli 2024   11:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Bantul (MTsN 1 Bantul) -- Dinamika kelompok adalah suatu metode dan proses yang bertujuan meningkatkan nilai-nilai kerja sama kelompok. Dinamika kelompok juga merupakan proses interaksi antara anggota kelompok dengan cara bertukar ide, pendapat, dan informasi. Ini termasuk komunikasi verbal, nonverbal, dan juga komunikasi melalui media.

Siswa baru MTsN 1 Bantul aktif mengikuti kegiatan hari pertama Matsama (Masa Ta'aruf Siswa Madrasah) pada Senin (15/07/24). Setelah mengikuti apel pagi, peserta Matsama memasuki kelas masing-masing untuk mengikuti sesi Dinamika Kelompok. Materi ini bertujuan untuk saling mengenal dan mengakrabkan anatarsiswa baru pada pertemuan pertama. Setiap kelas atau gugus dipandu oleh Wali Gugus. Ada 6 gugus pada Matsama kali ini, yakni Gugus Stroberi, Melon, Anggur, Kentang, Pare, dan Wortel. 

 

Gugus Pare menerapakan metode dinamika kelompok "Dot Kelipatan Tiga". Permainan ini berintikan hitungan (angka): satu, dua, tiga, empat, dan seterusnya. Setiap kelipatan "tiga" angka itu diganti dengan ucapan "dot". Kegiatan ini dapat membawa suasana gembira dan menyenangkan untuk membina suasana keakraban dan kebersamaan di antara para anggota kelompok.

Para siswa sangat antusias dalam mengikuti sesi ini. Dengan semangat mereka menyebut angka 1, 2, "dot", 4, 5, "dot", dan seterusnya. Terdapat 7 siswa yang mengalami kesalahan dalam menyebutkan urutan. Wali Gugus, Anuk Kuswanti menyuruh ketujuh siswa tersebut  ke depan kelas untuk memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama, alamat, hobi, dan cita-cita. Demikian, dinamika kelompok berjalan lancar, siswa senang dan gembira. (ank)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline