Lihat ke Halaman Asli

Anugrah Taufiq

Burger Bangor Wonogiri

Review Buku Membangun Keberagaman Menggapai Ridho Ilahi

Diperbarui: 11 Oktober 2023   19:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tugas Agama Islam

Review buku Membangun Keberagamaan Menggapai Ridho Ilahi pada Bab 1

Ciptaan Muhamad Julijanto S. Ag., M. Ag.

Nama                                             : Anugrah Taufiq Nurkholis

Prodi                                              : Sistem InformasI ( Semester 1 )

Dosen pengampu                     : Muhamad Julijanto S. Ag., M. Ag.

Kampus                                        : Universitas Duta Bangsa Surakarta

Setiap manusia selalu mendapatkan tantangan hidup dengan berbagai macam ujian, dan setiap ujian menentukan keikhlasan, kesabaran, keimanan dan kekuatan pengabdian kita kepada Allah SWT. Segala macam bentuk ujian yang datang dari berbagai arah dari masa ke masa, senang ke susah, sehat ke sakit, muda ke tua, kaya ke miskin, pada akhirnya hanya Allah SWT yang akan mengetahui kualitas keimanan kita. Hidup selalu dihadapkan pada beberapa pilihan dan terkadang pilihan yang kita jalani memang tak seindah yang kita bayangkan, terkadang kita sudah di beri namun kita masih selalu menginginkan sesuatu yang sebenarnya tidak ditakdirkan untuk kita. Sebagai manusia ciptaan Allah kita hanyalah sekedar manusia yang memiliki peran masing masing yang ditugaskan layaknya aktor dengan cerita kehidupan kita, dan Allah lah yang menjadi sutradara penentu hidup kita. Ketika menginginkan sesuatu namun tanpa ikhtiar atau usaha yang bersungguh sungguh untuk mendapatkannya maka hal itu tidak akan merubah dengan apa yang telah terjadi di dalam hidup kita. Namun Allah akan mempermudah apa yang menjadi keinginan kita apabila hal tersebut selalu di iringi dengan ikhtiar yang bersungguh sungguh usaha dan juga doa. Hal ini memang menjadi bukti kekuatan keimanan kita kepada sang pencipta, namun apabila semua usaha dan ikhtiar sudah dilakukan tapi tidak sesuai dengan hasilnya maka itu yang dinamakan takdir, karena kita manusia hanya akan menjalankan cerita kehidupan kita sesuai dengan takdir yang sudah Allah tentukan. Hal ini juga bisa dianggap sebagai ujian hidup karena usaha dan ikhtiar kita tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, maka kita selalu dituntut sabar dalam menerima ujian dan takdir yang tidak kita harapkan. Sabar atas segala yang terjadi dan tetap berbaik sangka atas apa yang sudah menjadi ketetapan Allah. Bukankah Dia yang Maha Tahu dan Paling Tahu akan Makhluk-Nya. Apabila Allah SWT mencintai seorang hamba, maka Allah akan memberikan ujian dengan berbagai jenis terpaan hidup, apabila hamba tersebut mampu menjalaninya dengan ikhlas, ridho  dan juga sabar, maka berdasarkan firman Allah akan memberi balasan kepada orang orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.

Hidup menjadi berkesinambungan dengan segala jalan ceritanya, termasuk dengan adanya masalah dan ujian merupakan bagian dari hidup. Bahkan hidup manusia tidak sempurna apabila tidak pernah dilanda masalah, sebagaimana tidak sempurna nya iman seseorang jika tidak diuji oleh Allah.

Kita mempertahankan nilai harga diri dan juga kehormatan, jika kita menunjukan sikap yang negatif dan pasif terhadap masalah yang menimpa. Orang akan lebih termotivasi hidupnya apabila mampu untuk bangun dan bangkit dari kekecewaan dan kegagalan yang pernah ditempuhnya di masa lalu, dari kekecewaan yang sudah berlalu akan menjadi pendorong dan tantangan untuk membina hidup baru,

Oleh karena itu, berusaha bersikap rasional dalam menghadapi dan menempuh hidup ini . Menanamkan nilai positif dan bersikap terbuka dalam diri kita ketika menghadapi masalah. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline