Lihat ke Halaman Asli

Anton 99

TERVERIFIKASI

Lecturer at the University of Garut

Do'a Menyembelih Hewan Qurban

Diperbarui: 26 Juni 2023   15:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menyembelih hewan qurban (Dok. Pribadi)

Ketika akan menyembelih hewan qurban, dianjurkan untuk membacakan dahulu do'a-do'a dengan harapan qurbannya dapat diterima sebagai ladang amal ibadah dan mendapat Ridho Allah SWT.

Kalimat do'a dibacakan ketika sedang mengambil ancang-ancang untuk menyembelih hewan qurban. Sebelum menggoreskan golok atau pisau keleher hewan qurban dianjurkan untuk membaca basmallah, membaca shalawat kepada Rasulullah SAW.

Lantas bertakbir tiga kali, posisi hewan (leher hewan) menghadap kearah kiblat dengan tu'maninah dilanjutkan dengan membaca do'a penyembelihan hewan qurban:

Dok. Pribadi

Maknanya: "Ya tuhanku hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dengan ini aku bertaqorrub kepada-Mu. karenanya hai tuhan yang maha pemurah, terimalah taqorrubku".

Do'a inti penyembelihan, dapat ditemukan dalam kitab-kitab shahih para ulama terpercaya diantaranya karya Sayyid Utsman bin Yahya kitab Irsyadul Anam fi Tarjamati Arkanil Islam, dapat pula dilihat dalam Tausyih ala Ibni Qasim karya Syekh Nawawi Al-Bantani.

Secara lebih terperinci, urutan berdo'anya bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini, yang disusun oleh penulis sendiri bagi kaum muslimin yang membutuhkan rincian do'a yang lengkap.

1. Membaca Basmallah.

Kita awali pembacaan dengan kalimat ini 

Dok. Pribadi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline