Lihat ke Halaman Asli

Anton 99

TERVERIFIKASI

Lecturer at the University of Garut

5 Manfaat Ikut Komunitas bagi Anggotanya

Diperbarui: 10 Juni 2023   21:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.pixabay.com

Komunitas memiliki makna sebagai ruang interaksi dan tempat komunikasi sosial, diantara mereka biasanya memiliki ketertarikan dan minat yang sama bahkan bukan sesuatu yang tidak mungkin mempunyai tujuan yang sama.

Keberadaan komunitas terbentuk bisa disebabkan karena adanya kesamaan minat dan ketertarikan terhadap sesuatu yang disukai atau hobi tertentu yang pada perkembangannya dapat memiliki jumlah anggota yang sangat besar dan terus bertambah.

Sebuah komunitas terbentuk karena adanya keinginan dan kepentingan bersama yang ingin dicapainya, semisal komunitas sosial pada lokasi tertentu karena kepentingan masyarakat di lingkungannya.

Apakah ikut komunitas memiliki manfaat bagi anggotanya?

Jika berbicara manfaat, suatu komunitas tentu memiliki manfaat yang berarti bagi individu yang tergabung dalam komunitas tersebut, kesuksesan dalam meraih manfaat untuk setiap anggota tentunya "relatif" kembali kepada keberhasilan aktif dan kontribusinya dalam komunitas itu 

Jika diamati setidaknya ada beberapa manfaat yang bisa di dapatkan ketika ikut komunitas, diantaranya :

1. Sarana tempat bersilaturahmi

Suatu komunitas akan bermanfaat untuk meningkatkan tali silaturahmi antar sesama anggotanya, sudah menjadi kebiasaan dalam sebuah komunitas mengadakan pertemuan maupun acara yang berkaitan dengan kelompoknya itu.

Setiap kegiatannya bisa menjadi ajang silaturahim sesama anggota dan terciptanya suatu hubungan kerjasama yang baik dalam mencapai tujuan dan harapannya.

Sebagian besar Komunitas di era modern ini, juga biasanya ditunjang oleh media komunikasi sebagai tempat interaksinya yang lebih cepat, seperti grup whatshap, facebook, istagram, telegram dan lain-lain.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline