Lihat ke Halaman Asli

Anton 99

TERVERIFIKASI

Lecturer at the University of Garut

Mengetahui Langkah-Langkah Pelaksanaan Model Pembelajaran Cooperative Script

Diperbarui: 31 Mei 2023   16:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.pexels.com

Cooperative Script merupakan strategi belajar siswa dalam kelompok kecil yang anggotanya memiliki pengetahuan dan kemampuan yang berbeda, model pembelajaran ini, di nilai dapat meningkatkan daya ingat siswa akan materi yang dipelajarinya.

Dengan melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif akan dapat membantu siswa dalam mengembangkan serta menghubungkan konsep-konsep yang telah diterimanya saat melakukan pemecahan suatu masalah.

Seluruh siswa pada kelompoknya dapat bekerjasama saling berperan, baik secara berpasangan dan bergantian secara lisan maupun praktek ketika mengiktisarkan setiap bagian-bagian materi yang sedang dipelajarinya.

Memang, belajar merupakan kegiatan mental atau fsikis yang berlangsung dalam interaksi positif dan aktif pada lingkungan belajarnya yang dapat menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, keterampilan dan sikapnya.

Belajar juga merupakan perubahan disposisi atau kemampuan  yang dicapai seseorang melalui kegiatannya, perubahan tersebut bukan diperoleh langsung dari proses pertumbuhan seseorang secara alamiah, artinya ada usaha dan ikhtiar yang harus dilakukan sehingga terjadi perubahan pada diri seseorang, semisal dari tidak tahu menjadi tahu, tadinya tidak bisa maka setelah mengikuti pembelajaran menjadi bisa dan lain sebagainya.

Belajar juga dapat diartikan sebagai bentuk usaha sadar yang dilakukan oleh setiap individu dan menghasilkan perubahan tingkah laku baik melalui proses latihan maupun pengalaman-pengalaman yang menyangkut aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.

Lantas seperti apakah kegiatan pembelajaran Cooperative Script ini?

Berikut Langkah-Langkah Pembelajaran Cooperative Script yang dilakukan guru dalam pelaksanaannya, yaitu :

1. Pertama-tama guru memetakan siswanya secara berpasangan atau mengelompokannya.

2. Guru membagikan materi yang akan dipelajari pada setiap kelompok yang telah ditentukan, untuk dibaca dan dibuat ringkasan atau rangkumannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline