Salah satu model pembelajaran yang seringkali diterapkan dalam proses belajar mengajar dan cukup di gemari yaitu model pembelajaran Paikem Gembrot, yang merupakan kependekan dari kata Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Menyenangkan Gembira dan Berbobot.
Model pembelajaran ini, mendorong siswa untuk mendapatkan pengetahuan langsung dari pengalaman yang hanya bisa diperoleh dari lingkungan peserta didik dalam interaksi dengan lingkungan sosial maupun material yang dihadapkan saat proses pembelajarannya.
Pada penerapannya penggunaan model pembelajaran ini, lebih memfokuskan pada kesuksesan peserta didik dalam mengorganisasikan pengalaman, bukan sekedar refleksi atas berbagai informasi dan gejala yang diamati, peserta didik lebih di utamakan untuk mampu mengkonstruksi sendiri pengetahuan melalui adanya asimilasi dan akomodasi.
Paikem Gembrot sebagai modeling dalam pembelajaran, memiliki karakteristik tersendiri yang unik serta menarik bagi peserta didik dalam prosesinya, yaitu :
1. Berpusat pada siswa
Siswa sebagai student centered, hal ini sesuai dengan pendekatan belajar modern yang lebih banyak menempatkan siswa sebagai subjek belajar. Guru berperan sebagai fasilitator dengan memberikan kemudahan-kemudahan kepada siswa untuk melakukan aktivitas belajarnya.
2. Memberikan pengalaman langsung terhadap siswa
Paikem gembrot memberikan pengalaman langsung kepada siswa direct experiences dengan pengalaman langsung pada pembelajaran melalui metode ceramah semisal pada mata pelajaran membuat pola, siswa akan dihadapkan pada sesuatu yang nyata dan konkrit sebagai dasar untuk lebih memahami hal-hal yang lebih abstrak.
3. Pemisahan mata pelajaran yang tidak begitu jelas
Pada model pembelajaran Paikem Gembrot pemisahan antara mata pelajaran tidaklah begitu jelas, dengan fokus pembelajaran pada pelajaran membuat pola misalnya diarahkan kepada pokok pembahasan dalam membuat pola busana anak.