Lihat ke Halaman Asli

Anton 99

TERVERIFIKASI

Lecturer at the University of Garut

Menertibkan Truk Besar agar Lalu Lintas Berjalan Lancar

Diperbarui: 5 Maret 2022   15:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.pexels.com/Markus Spiske

Ketika melakukan perjalanan antar kota melalui jalan raya, seringkali berpapasan dan kadang membuntuti kendaraan truk-truk besar yang mengangkut setumpuk barang diatas gerobaknya yang ditutupi terpal.

Truk kontainer atau truk-truk peti kemas kerap kali terlihat berseliweran di jalan raya, tidak sedikit pemakai jalan raya yang mengeluh merasa terganggu dengan banyaknya truk besar pengangkut barang yang bebas menggunakan jalan di siang hari.

Ya, kendaraan-kendaraan besar ini, biasa disebut dengan truk ODOL singkatan dari Over Dimension Over Loading. Biasanya keberadaan truk besar seperti ini di jalanan mengangkut beragam bawaan yang berat.

Sebenarnya banyak jenis kendaraan pengangkut barang dengan ukuran dan kapasitas muatnya barang, seperti Truk Container, Wingbox, Trailer, Tronton, Colt diesel double, Fuso, Colt diesel engkel dan Pick up.

Kendaraan tersebut merupakan alat angkut khusus untuk membawa barang-barang dengan ukuran besar sesuai kapasitas daya angkut mobil tersebut, yang berwenang tentunya perlu untuk menertibkan truk besar agar lalulintas berjalan lancar.

Kemunculan odol di jalanan seringkali menimbulkan ketidaknyamanan pengguna jalan lain, apalagi jika truk-truk seperti ini menggunakan jalan raya saat jam kerja atau jalanan padat, yang akhirnya menimbulkan kemacetan.

Padahal, banyak orang melakukan aktivitas untuk beragam kepentingan yang tidak bisa ditinggalkan dan hilir mudik menggunakan jalan raya yang biasanya dimulai dari jam 06.00 pagi sampai jam 22.00 malam.

Tentunya, untuk mengantisipasi kemenrawutan di jalan raya sangatlah diperlukan solusi yang tepat agar permasalahan di jalan raya dapat teratasi dengan baik.

Salah satunya dengan melakukan penertiban bagi kendaraan tertentu yang memang dapat mengganggu dan menghambat lancarnya alur lalulintas dijalan raya, semisal truk besar pengangkut barang berat yang sebenarnya bisa dialihkan perjalannya ke malah hari.

Jika tidak ditertibkan, kemungkinan besar seperti kemacetan, hambatan jalan raya, cepat rusaknya jalan, terganggunya aktivitas perjalanan umum dan permasalahan lainnya akan sulit untuk dihindari.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline