Lihat ke Halaman Asli

Anton 99

TERVERIFIKASI

Lecturer at the University of Garut

Mitos Kayu Kaboa Sancang, Miliki Keajaiban Mistis yang Luar Biasa!

Diperbarui: 23 Desember 2021   20:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar: Kaboa Sancang yang telah diukir berbentuk tongkat kecil (Dokpri)

Kayu Kaboa Sancang, pohon ini terlihat berada di tengah-tengah lautan jika dipandang dari bibir pantai, uniknya pepohonan ini berkumpul mirip bambu seperti pohon yang biasa hidup di rawa-rawa dan tidak seperti pepohonan pada umumnya yang semakin tua akan terus membesar. 

Akan tetapi pohon kayu Kaboa ini tidak pernah membesar melebihi ukuran betis manusia meskipun usianya telah lama dan tua serta tingginya pun sedang-sedang saja tidak seperti pohon bambu atau pohon kayu lainnya, akan tetapi tumbuh banyak dan hanya berkumpul pada satu tempat saja. 

Konon menurut cerita pada setiap ruas kayu kaboa, berdiam seekor harimau gaib yang tidak terlihat oleh mata biasa, akan tetapi dapat dirasakan oleh kepekaan diri, pangrasa, kepekaan spiritual yang dimiliki setiap orang. 

Katanya harimau Sancang yang tidak terlihat ini akan selalu menjaga siapapun pemilik kayu Kaboa Sancang yang menyimpannya dan memeliharanya dengan baik.

Sekumpulan pohon unik ini hanya tumbuh dan berada di hutan pantai Sancang Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat, ia hidup sekira 500 meter dari bibir pantai. 

Tepatnya di bawah genangan air laut yang berombak, akar-akarnya tumbuh kuat merambat diatas karang yang bercampur dengan pasir yang berada di dasar air pantai tersebut.

Jika ingin mengambil pohon kayu Kaboa, maka harus berenang melewati genangan air laut yang cukup dalam dan sedikit berombak atau memakai sampan nelayan untuk menuju ke pusat berkumpulnya tumbuhan pohon kayu ini. 

Setelah melewati genangan air laut yang kira-kira beberapa ratus meter dari bibir pantai pesisir laut Sancang, maka akan sampailah ke sekumpulan pepohonan Kaboa Sancang yang sangat melegenda ini.

Menurut cerita warga masyarakat disana, kayu Kaboa Sancang merupakan pohon mistik yang unik dan ajaib pada setiap ruasnya memiliki energi gaib dan bertuah.

Keistimewaan spiritualnya sudah tidak diragukan lagi karena telah banyak orang yang membuktikannya terutama tokoh-tokoh masyarakat terdahulu dan ahli spiritual. 

Keistimewaannya pohon kayu kaboa oleh orang tua dahulu diyakini untuk penjagaan dan keselamatan dari berbagai gangguan lahir (fisik) maupun batin bagi pemiliknya atau bagi setiap orang yang menyimpan dan menggunakan kayu ini. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline