Lihat ke Halaman Asli

Anton 99

TERVERIFIKASI

Lecturer at the University of Garut

Menata Niat untuk Tahun Baru 2021

Diperbarui: 30 Desember 2020   23:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Gambar: https://www.pexels.com

Kepada : 

YTH, 2021

Dengan hormat, semoga aktivitas kita semua di Tahun Baru 2021 senantiasa berada dalam kelancaran, kesuksesan, keberhasilan dan mendapat perlindungan dari Tuhan Yang Maha Esa.

Saat ini terjadi pergantian tahun baru yang di dasarkan pada resolusi bumi yang berputar mengelilingi matahari, berlangsung selama 365 hari pada hitungan setiap satu tahunnya. 

Mungkin, beberapa diantara kita merayakan pergantian tahun baru secara meriah bersama keluarga tercinta, diantaranya dengan melakukan suatu refleksi akhir tahun sekaligus merayakan kedatangan Tahun Baru 2021. 

Membuat perencanaan-perencanaan untuk memulai menginjak pada tahun baru dengan harapan pada tahun yang baru ini bisa hidup lebih baik lagi dibandingkan dengan tahun sebelumnya, semua target dapat tercapai lebih sempurna. 

Maka, dalam memperbaiki orientasi hidup tentunya sangat dibutuhkan sekali untuk "memperbaharui niat" sebagai awal dalam memperbaiki perencanaan agar lebih matang, mengubah orientasi, memperbaruinya agar target yang ingin dicapai dapat berhasil lebih baik, meningkat dan lebih sempurna lagi. 

Niat adalah urusan hati, dalam ilmu fiqh Islam niat di definisikan melakukan kesengajaan terhadap sesuatu yang disertai perbuatannya, niat ini berada pada permulaan dari semua kegiatan yang dilakukan. 

Hakikat dari memperbaharui niat, yaitu melalui penataan niat itu sendiri, yang diawali oleh diri sendiri atas dasar kesadaran diri sendiri. Maka kita akan tertuntun untuk selalu "ajeg" dan "konsisten" terhadap target yang akan dicapainya. 

Dengan melalui niat yang kuat dan telah diperbaharui ini diharafkan perjalanan dalam mencapai target tidak terjerumus pada tindakan-tindakan yang tidak baik, seperti berbuat curang, menipu, perbuatan asusila, memperdaya orang lain ataupun tindakan lainnya yang dilarang oleh negara maupun agama. 

Dengan menata niat hati, maka semua aktifitas yang hendak dicapai akan terbimbing dengan baik. Oleh sebab itu, penting sekali kita perbaharui niat hidup untuk lebih baik di Tahun Baru 2021 dengan menumbuhkan kembali orientasi pada semua aktivitas agar sesuai dengan yang di harapan maupun keinginan yang telah di niatkan itu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline