Lihat ke Halaman Asli

Suhailatul Atika

Maha Siswa IAIN Jember

Filsafat Pendidikan Rekontruksionisme dan Pemikiran Tokohnya

Diperbarui: 31 Mei 2020   13:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Assalamualaikum wr. Wb. 

Baik disini saya akan memaparkan sedikit penjelasan tentang Filsafat Rekontruksionisme dan Pemikiran tokohnya. 

A. Pengertian Rekontruksionisme

Aliran pendidikan rekontruksionisme bertujuan untuk merombak tata susun yang lama, kepada tata susun kehidupan yang baru. 

Oleh sebab itu, dalam pendidikan dibentuklah suatu lembaga pendidikan dan proses pendidikan untuk merombak tata susun lama dan membangun pada yang baru. 

Aliran ini percaya bahwa realitas yang bersifat sosial akan selalu mengalami perubahan. Oleh karenanya peradaban manusia pada masa mendatang sangatlah ditekankan. 

B. Pemikiran Tokohnya

1) John Dewey

Menurut pendapatnya pendidikan merupakan suatu tonggak ukur bagi siswa dalam belajar berinteraksi dan bersosialisasi terhadap temannya (murid yang lain). 

2) Corolinepart

Ia berpandangan bahwa setiap lembaga pendidikan memiliki fungsi yang utama yakni untuk menghasilakan peserta didik yang dapat berfikir secara kritis dan efektif, sehingga dapat merubah pemikiran didunia ini menuju ke arah yang kebih baik lagi. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline