Lihat ke Halaman Asli

Suhailatul Atika

Maha Siswa IAIN Jember

Filsafat Perenialisme dan Pemikiran Tokohnya

Diperbarui: 31 Mei 2020   09:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

A. Pengertian Perenialisme 

Perenialisme merupakan suatu aliran filsafat pendidikan berpandangan bahwa pendidikan merupakan suatu proses pengembalian suatu keadaan manusia masa sekarang pada masa lampau, hal ini dianggap dengan kebudayaan yang ideal. Oleh karena itu aliran ini bersifat abadi, serta di dalamnya terkandung nilai-nilai norma dari suatu budaya tertentu. 

Pendidikan menurut aliran ini harus berpegang teguh pada norma dan nilai nilai leluhur. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa aliran ini dikembangkan melalui tradisi budaya yang benar-benar rill dan bersifat faktual. 

B. Pemikiran Tokohnya

1. Ortimer Adler

Menurut pendapatnya peran guru sanagat berpengaruh terhadap keaktifan siswa, jika seorang guru menerapkan perilaku baik maka muridnya pun akan berprilaku baik pula, begitu juga sebaliknya. 

2. Robert Maynard Hutchins

Menurut pendapatnya semua manusia merupakan makhluk yang rasional dan tujuan dari pendidikan ialah sama dengan tujuan hidup itu sendiri.

3. Aristoteles

Ia berpandangan bahwa pendidikan hendaknya menanamkan moral yang sesuai dengan nilai-nilai norma yang berlaku dalam kehidupan, dimulai Sejak  masa muda, agar kelak ketika telah dewasa ia mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

4. Plato

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline