Lihat ke Halaman Asli

Perbedaan Corporate, Company, Startup dan Government

Diperbarui: 29 Mei 2024   17:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona


1.Perbedaan Corporate dengan Company
●Corporate adalah organisasi yang disebut perusahaan, yang terdisri dari sekelompok orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama
●Company adalah organisasi yang mengatur usaha dan bisnis yang dibangun atas nama mereka
●Corporate bersasal dari kata latin "corporatus" yang berarti "terbentuk menjadi satu"
●Company dapat berupa badan usaha, perusahaan, atau badan hukum lainnya yang berlisensi untuk menjalankan bisnis

2.Perbedaan Corporate dengan Startup
●Jam Kerja
Biasanya, perusahaan korporat memiliki jam kerja yang lebih ketat, seperti 9-5 atau pukul 09.00-17.00. Sementara itu perusahaan startup memiliki jam kerja yang lebih fleksibel daripada perusahaan korporat.
●Tempat Kerja
Umumnya, perusahaan korporat lebih memilih gedung perkantoran dengan sistem sekat atau cubicle di dalamnya. Sementara itu, perusahaan startup umumnya bekerja di coworking space atau tempat yang terbuka.
●Cara Kerja
Biasanya, perusahaan startup tidak memiliki jarak antara karyawan dengan atasannya, bahkan CEO sekalipun. Sementara itu, perusahaan korporat biasanya cenderung lebih terstruktur dan memiliki pendekatan yang formal.
●Pakaian Kerja
Umumnya perusahaan korporat mengharuskan karyawannya untuk menggunakan pakaian kerja yang formal seperti kemeja, celana bahan, blouse, dan sebagainya. Sementara itu, perusahaan startup cenderung membebaskan pakaian kerja karyawannya.
●Gaji dan Tunjangan
Biasanya, perusahaan korporat memiliki aturan yang cukup jelas engenai gaji, tunjangan, bonus, hingga kenaikan gaji. Disisi lain, gaji di startup sangat relatif.
●Career Path
Perusahaan korporat umumnya memiliki jenjang karir yang lebih pasti daripada perusahaan startup. Namun, persaingannya tentu saja tidak mudah. Sementara itu, perusahaan startup belum bisa memastikan bahwa Career Path-mu akan jelas disana.

3.Perbedaan Corporate dengan Government
●Tujuan
Perusahaan korporat bertujuan untuk memaksimalkan keuntungan bagi pemegang sahamnya, sementara pemerintahan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan masyarakat serta menjaga stabilitas dan keamanan negara.
●Struktur dan Hierarki
Perusahaan korporat memiliki struktur hierarki yang terdiri dari manajemen eksekutif, manajemen menengah, dan karyawan. Sedangkan pemerintahan memiliki struktur yang lebih kompleks dengan berbagai tingkatan seperti eksekutif, legislatif, dan yudikatif.
●Sumber Dana
Perusahaan korporat memperoleh pendanaan dari penjualan saham, obligasi, dan pinjaman bank. Sementara pemerintahan mendapatkan pendanaan melalui pajak, injaman, dan pendapatan lainnya.
●Fokus Utama
Perusahaan korporat fokus pada kegiatan bisnis dan produksi barang atau jasa untuk tujuan kmersial. Sementara pemerintahan fokus pada pelayanan publik, regulasi, dan kebijakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
●Akuntabilitas
Perusahaan korporat bertanggung jawab terhadap pemegang saham dan pasar, sementara pemerintahan bertanggung jawab terhadap warga negara dan hukum negara.
●Pengambilan Keputusan
Perusahaan korporat membuat keputusan berdasarkan pertimbangan ekonomi dan keuntungan. Sedangkan pemerintahan membuat keputusan berdasarkan pertimbangan kepentingan publik, keadilan, dan keberlanjutan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline