Lihat ke Halaman Asli

ansori oke

Storyteller, Traveller Writer, Magician

340 Pegiat Literasi Tandatangani PKS sebagai Penerima Bantuan Pemerintah

Diperbarui: 30 Agustus 2024   06:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Sejak hari selasa 27 Agustus 2024 para pegiat literasi di seluruh Indonesia berkumpul di Sultan Hotel Residence Jakarta, agenda ini adalah sebagai pembekalan calon penerima bantuan pemerintah bagi komunitas literasi yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Sebanyak 340 komunitas terpilih menandatangani PKS (Perjanjian Kerjasama) bantuan pemerintah (BANPEM), hal ini adalah bukti bahwa pemerintah hadir dalam mensukseskan gerakan literasi di Indonesia sehingga merata sampai pelosok nusantara. Selama tiga hari para peserta semangat belajar mendapatkan  pendampingan perbaikan proposal, informasi pajak, perbaikan RAB dan evaluasi dari narasumber yang kompeten di bidang nya.

Kampung Dongeng Indonesia menjadi salah satu penerima bantuan pemerintah tahun ini, ada tiga titik penerima yaitu Kampung Dongeng Pusat, Kampung Dongeng Bangka Belitung dan Kampung Dongeng Jambi. dalam BANPEM ini ada 3 unsur kegiatan yang ditekankan, yang pertama penguatan komunitas penggerak literasi  dengan pelibatan komunitas di daerah masing-masing, kedua penambahan koleksi bahan bacaan yang menunjang kegiatan, ketiga implementasi kegiatan penguatan literasi masyarakat.

Kak Ansori sebagai ketua umum kampung dongeng menargetkan agar di tahun berikutnya minimal 50 titik kampung dongeng yang tersebar di seluruh Indonesia bisa mendapatkan bantuan ini, agar bisa sama-sama bergerak saling menguatkan dan saling memotivasi agar literasi merata di seluruh Indonesia.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline