Lihat ke Halaman Asli

Herman Deru Serukan Program "Gerakan Satu Rumah Satu Pohon"

Diperbarui: 27 November 2017   20:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

@hermandaru1967

Dalam rangka menyambut Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) pada tanggal 28 November, Calon Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, menyampaikan keinginannya agar tiap rumah di Sumsel memiliki pohon. Ia mau menjalankan gerakan satu rumah satu pohon. Hal ini Deru sampaikan dalam kunjungannya ke masyarakat Seberang Ulu 1 (27/11).

Menurutnya, masyarakat harus harus jadi pelopor penghijauan di sekitar tempat tinggal masing-masing. Itu adalah investasi jangka panjang yang manfaatnya bisa dinikmati banyak generasi. Apalagi hidup di zaman global warming, yang mana dunia makin hangat, es di kutub mencair, dan ketinggian air laut.

Semua itu menurut Deru karena bumi semakin gersang, pohon ditebang tapi tak lagi ditanami, hutan jadi gundul, gunung jadi ladang dan seterusnya. Karena itu  menanam pohon di lahan sendiri menurut Deru akan menjadi kontribusi yang amat berharga.

Deru mengajak dan menghimbau semua pihak untuk menghijaukan lahan kritis, lahan kosong, lahan tak produktif. Menurutnya, menanam pohon apalagi pohon yang buah akan memberi nilai ekonomis juga bermanfaat untuk menopang asupan vitamin.

Deru mencontohkan, lahan satu atau dua meter di depan rumah bisa ditanami satu pohon, saat berbuah tentu anggota keluarga akan menikmatinya. Buahnya dapat, halaman jadi teduh dan secara langsung memberi kontribusi terhadap penghijauan secara global.

Deru mengingatkan, kalau semua rumah melakukannya, maka akan jadi gerakan luar biasa. Karena itu, ke depan ia akan membuat aturan agar perumahan yang baru atau setiap mendirikan bangunan harus ada penanaman pohonnya.

Sementara itu, Hamdan Fitri warga Seberang Ulu 1 yang hadir dalam pertemuan menyambut baik "Gerakan Satu Rumah Satu Pohon". Hamdan menilai program itu sangat realistis, dirinya dan warga Palembang sangat mendukung dan mengapresiasi gerakan yang digagas Calon Gubernur Sumsel itu.

Hamdan menganggap program ini bisa dilaksanakan oleh masyarakat, tidak susah. Apalagi jika pemerintahan yang akan dipimpin Herman Deru nanti bersedia menyiapkan pohonnya. Karena itu, ia mendo'akan Herman Deru terpilih dalam Pilgub nanti.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline