Lihat ke Halaman Asli

Anriana Dewi

Penggiat Parenting

6 Poin Penting Pola Pengasuhan Orang Tua Shakira di Clash Of Champions

Diperbarui: 22 Agustus 2024   09:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.instagram.com/shakiraamirah/

Akhir-akhir ini dunia pendidikan sedang diramaikan oleh salah satu acara bergengsi, yakni Clash Of Champions yang diselenggarakan oleh salah satu bimbingan belajar, Ruang Guru. Tidak tanggung-tanggung acara tersebut di ikuti oleh mahasiswa dan mahasiswi berprestasi dari kampus dalam dan luar negeri.

Setelah grand final, terpilihlah pemenang dari ajang bergengsi tersebut yakni Shakira Amirah, salah satu Mahasiswi Universitas Indonesia ( UI ) fakultas kedokteran dengan IPK 3.82/4.0.

Banyak yang bertanya-tanya, bagaimana bisa orang tua Shakira mendidik anaknya menjadi seperti sekarang, di kutip dari podcash Denny Sumargo. Ada 6 poin penting dalam pola pengasuhan yang orang tua Shakira terapkan ke anaknya :

Pertama, menjadi role model.

Role Model adalah contoh utama untuk anak. Ketika umur Shakira 5 tahun atau 6 tahun, Papahnya sering mengumpulkan anak-anak di kamar untuk menonton video operasi yang sudah selesai dilakukan. Hal tersebut menginspirasi Shakira kecil untuk bercita-cita kelak menjadi seorang dokter juga, mengikuti jejak orang tuanya.

Kedua, tidak menuntut anak.

pesan orang tua Shakira yaitu tugas kita sebagai manusia hanyalah berusaha. Sehingga anak merasa jika sudah memberikan versi terbaik dari dirinya, maka selanjutnya hasil akhir terletak pada Kehendak Allah.

Ketiga, memberikan kepercayaan kepada anak.

Motivasi Shakira untuk ikut Clash Of Champions salah satunya adalah mendapat dukungan penuh dari orang tua "Kamu mau menang, mau kalah. Mamah sama Abah tetap bangga sama kamu. Karena kamu sudah cukup. Kamu lakuin aja yang terbaik, Mamah sama Papah akan support."

Keempat, memberikan saran yang dibutuhkan anak.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline