Lihat ke Halaman Asli

Pengalaman Magang sebagai Mahasiswa di PT Petrowidada Gresik

Diperbarui: 26 Juni 2024   12:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

WORKSHOP PT. PETROWIDADA (2024) - Dok. pribadi

Sebelumnya perkenalkan nama kelompok kami Muhammad Hasan Febriansyah NIM 21050754066 dan Anovan Fadhil Muhammad NIM 21050754073, kami merupakan mahasiswa angkatan 2021 fakultas teknik program studi teknik mesin universitas negeri surabaya. Praktek industri atau magang adalah mata kuliah wajib dengan 20 (SKS) dengan tujuan mendapatkan pengalaman dari kegiatan tersebut, yang nantinya dapat digunakan untuk pengembangan profesi.

Pelaksanaan praktek industri saya di lakukan di PT. PETROWIDADA (PWD) yang berlokasi jalan  Prof Dr. Moch Yamin Sh, Sekarsore, Roomo, Kec. Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61151 Kegiatan ini di mulai dari tanggal 8 januari hingga 30 april mulai pukul 8:45 - 4:45.

PT. PETROWIDADA merupakan perusahaan produksi yang bergerak pada dalam bidang usaha industri kimia. Perusahaan ini melakukan proses dalam pembuatan  Phthalic Anhydride (PA).  Phthalic Anhydride adalah senyawa organik berupa kristal yang tidak berwarna. Senyawa ini merupakan bahan mentah esensial dalam produksi bahan pelunak plastic (plasticizer), resin polyester tak jenuh, resin alkyd, pigmen dan bahan pewarna, serta herbisida dan polyester.

Kegiatan kami awal pada bulan pertama adalah melakukan perkenalan pada semua pegawai dan bagian-bagiannya dan memahami peraturan yang berlaku di industri tersebut, serta melakukan pengamatan pada peralatan yang ada diworshop tentang apa yang boleh dan tidak boleh di lakukan demi keselamatan dan kelancaran kegiatan magang tersebut.

Dan pada pertengahan bulan kami mulai membantu pekerja yang ada di lapangan atau plant mulai dari perawatan mesin, pembongkaran baut, serata mempelajari cara mengoperasikan mesin boiler yang menggunakan bahan bakar gas

Kemudian pada bulan kedua dan ketiga kami mulai sering mengukuti karwan ke plant untuk membantu dan memahami mesin mesin yang  berada di perusahan,, tugas kami mulai dari mengikuti pembongkaran dan pemeriksaan kerusakan pada mesin boiler ,mesin pompa dll, dan kami menyasikan dan mengikuti perbaikan pada boiler ada tube yang bocor dan harus dilas dan ditutup plat

BOILER PT. PETRWIDADA (2024) - Dok. pribadi

Pada akhir bulan ketiga PT. PETROWIDADA kami mengikuti projek pada plan yang berada di tabung reactor yang menjalani perawatan dan ada beberapa komponen diganti dan dibersihkan ,karena tabung reactor harus bersih dan tidak ada butiran kotoran sedikit pun karena bisa membahayakan saat proses.

TABUNG REACTOR PT. PETROWIDADA (2024) - Dok. pribadi

Dan kami megikuti kegiatan perusahan sampai akhir selesai magang. Dan setealah itu di beberapa hari menjelang selesai magang kami perpisahan dan berterimkasih kepada semua karyawan dan staf  yang terutama kepada pembimbing lapangan perusahaan PT. Petrowidada.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline