Lihat ke Halaman Asli

Baca Ini Ketika Kamu Gagal

Diperbarui: 5 Juli 2020   21:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Ketika Kamu Gagal...

Katanya kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Nyatanya banyak nyawa melayang karena kegagalan. Gagal nyatanya pahit dibayangkan, berat dirasakan. Tapi hati harus selalu siap menghadapinya. Karena gagal kadang tak memberi peringatan.

Gagal tak diterima sekolah yang diinginkan, kampus yang diinginkan. Gagal dalam urusan bisnis, atau gagal dalam urusan percintaan.

Katanya lagi, usaha tidak akan mengkhianati hasil, dengan usaha sekeras ini, kenapa masih gagal? Apa yang salah? Apa yang kurang?

Kegagalan tidak bisa dianggap remeh. Tapi juga hal yang tak perlu terlalu ditakuti berlebihan, karena keberhasilan selalu bersama dengan kegagalan. Begitu pula sebaliknya, kegagalan selalu diikuti dengan keberhasilan, itupun tergantung sekuat apa kita bertahan untuk mengusahakan.

Do'a, Usaha, Ikhtiar dan Tawakal. Satu resep jitu untuk semua apa yang kita usahakan.
Niat yang baik dan tulus, usaha atau ikhtiar yang relevan dengan apa yang kita cita-citakan, lalu tawakal, menyerahkan segala hasil kepada Allah.

Mengapa?

Karena kita tak punya kewenangan atas hasil.
Hasil murni ditangan Allah.

Ada yang disebut takdir dan rezeki.

Rezeki tidak akan pernah tertukar pada siapapun. Dan Allah selalu menjamin rezeki hambanya, apapun itu, semua terpenuhi. Allah menjamin rezeki semua makhluknya, ikan di lautan, semut di tanah, apalagi manusia, makhluk ciptaannya paling sempurna.

Ada yang disebut takdir, qadha dan qadar. Ada hal-hal dimana disana hanya ada ketentuan Allah, dan ada hal-hal dimana kita diberi kesempatan memilih, kita punya pilihan untuk menentukan langkah selanjutnya dalam hidup kita.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline