TUGAS SOSIOLOGI HUKUM REVIEW JURNAL "ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MAHASISWA SAHABAT DIFABEL DI SURAKARTA"
Judul Jurnal : Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Sahabat Difabel Di Surakarta
Jurnal : JOTE: Journal On Teacher Education
Volume & Halaman : Volume 3 Nomor 2 & Halaman 200-212
Tahun : 2022
Penulis : Hery Setiyatna, Muhammad Julijanto, dan Susilo Surahman
Reviewer : Annisa' Fitri Kamila/ 212111337
Hasil Review : Dari artikel jurnal ini didapatkan isi bahwa status sebagai mahasiswa pada dasarnya berada pada jarak usia dewasa dini, dimana secara psikologis seseorang pada tahap tersebut dituntut untuk bisa mandiri dan bisa memecahkan problemnya sendiri. Salah satu tanggung jawab yang harus dipenuhi sebagai mahasiswa yaitu bisa mengembangkan potensi diri sebagai bekal tahap selanjutnya melalui kesuksesan dalam menamatkan studi. Prestasi belajar menjadi salah satu aspek yang berperan dalam hal tersebut. Prestasi belajar juga terkait dengan keberhasilan sebagai standar tertentu berkenaan dengan penguasaan suatu ilmu dan pengetahuan. Peningkatan maupun penurunan prestasi belajar dapat disebabkan oleh beberapa faktor keadaan fisiologis. Disabilitas berpotensi rentan dengan hal ini. Sehingga diperlukan aksi yang nyata untuk 'membantu' proses belajar kelompok disabilitas. Dalam area perguruan tinggi, dibutuhkan sarana dalam mendukung mekanisme belajar penyandang disabilitas.
Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan dalam artikel jurnal ini didapatkan bahwa menjadi sahabat difabel secara signifikan mempunyai peranan terhadap prestasi belajar mahasiswa sebesar 79%. Sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Signifikansi terhadap prestasi belajar ini meliputi variabel motivasi; kesadaran diri; lingkungan; komunikasi; dan kedekatan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H